Enam Tips Etiket di Meja Kerja Foto:Huffingtonpost

Enam Tips Etiket di Meja Kerja

PinkKorset.com , Jakarta – Anda karyawan kantoran yang terbiasa menghabiskan waktu berjam-jam duduk di belakang meja? Hati-hati, karena postur tubuh yang salah bisa menyebabkan masalah kesehatan serius.

Jutaan orang menghabiskan waktu membungkuk di atas meja atau duduk di depan komputer selama beberapa jam setiap minggu. Namun, duduk dengan postur tidak benar dapat menyebabkan sakit pada punggung, bahu dan leher.

Anda juga perlu memastikan pencahayaan di sekitar meja. Bila terlalu banyak cahaya atau terlalu redup, akan membuat mata Anda mudah lelah. Apalagi jika Anda termasuk orang yang kecanduan komputer, maka Anda akan menghabiskan berjam-jam waktu depan layar komputer, bahkan di luar jam kantor.

Beberapa hal berikut dapat membantu posisi sehat Anda di tempat kerja.

1. Ketika Anda duduk, pastikan paha Anda sejajar dengan lantai. Kaki Anda harus vertikal dengan sudut 90 derajat terhadap lantai.

2. Sesuaikan kursi, sehingga tingginya sama dengan bagian belakang lutut Anda. Kaki harus menyentuh lantai. Lengan atas harus berada vertikal 90 derajat ke meja dan tangan sejajar dengan lantai. Pastikan siku Anda dekat dengan tubuh dan pergelangan tangan Anda lurus.  Sebaiknya Anda duduk tegak atau hanya sedikit bersandar.

3. Layar komputer Anda harus lurus ke depan dan sedikit di bawah tingkat mata.

4. Pastikan keyboard Anda diletakkan pada ketinggian yang memungkinkan Anda untuk duduk dengan postur tegak, dengan lengan santai di sisi Anda. Posisikan mouse sejajar dengan siku Anda.

5. Jangan lupa untuk selalu meregangkan otot-otot badan agar tidak kaku. Anda bisa bersandar dan menaikkan kaki sejajar dengan paha. Atau meregangkan kedua tangan Anda. Lemaskan juga otot leher Anda dengan gerakan menengok ke kiri dan ke kanan selama 8 hitungan.

6. Bangunlah dari meja Anda setiap 30 menit. Hal ini akan mencegah mata tegang dan mengendurkan otot-otot badan juga.