Film Hobbit Berujung Sengketa Foto: Google

Film Hobbit Berujung Sengketa

PinkKorset.com, New York – Produser film ternama Hollywood, Bob dan Harvey Weinstein, menuntut stuido Time Warner Inc. terkait trilogi film Hobbit. Apa yang terjadi?

Duo Weinstein menuntut Time Warner setidaknya US$75 juta karena memutuskan untuk membagi film dari novel J.R.R. Tolkien itu menjadi tiga bagian dan menolak membayar mereka untuk sekuel kedua dan ketiga.

Keluhan yang dilayangkan ke New York State Supreme Court di Manhattan itu, Weinstein bersaudara dan Miramax LLC menyatakan, eksekutif Warner Brothers dan unit New Line Cinema mereka memiliki motif untuk membagi film.

Yakni untuk mengurangi ‘jatah’ lima persen milik mereka dari pendapatan dua film terakhirnya. Weinstein bersaudara menjual hak pembuatan film itu ke New Line pada 1998 lalu.

Hak tersebut diantaranya untuk memfilmkan novel The Hobbit dan trilogi Lord of the Rings yang sudah terlebih dulu sukses. Weinstein bersaudara sudah merogoh kocek hingga US$10 juta untuk mengadaptasinya.

Menurut Weinstein bersaudara, New Line sudah setuju untuk ‘membayar film pertama’, tapi bukan ‘remake’ yang berdasarkan buku.