Gaun Baptis Kerajaan Inggris Kembali Digunakan Foto: dailymail

Gaun Baptis Kerajaan Inggris Kembali Digunakan

PinkKorset.com, London – Ketika Ratu Elizabeth memesan gaun replika untuk upacara pembaptisan keturunannya, ia mungkin tak menyadari bahwa gaun ini akan sering dikenakan.

Maud Elizabeth Daphne Marina Windsor, putri dari pasangan Lord dan Lady Frederick Windsor mengenakan gaun ini pada upacara pembaptisannya di kapel kerajaan, Saint James, Senin (16/12/2013) awal pekan ini.

Padahal, baru dua bulan sebelumnya, gaun ini dikenakan Pangeran George, anak dari Pangeran William dan Catherine untuk pembaptisannya. Cucu pertama Pangeran dan Putri Michael of Kent yang baru berusia empat bulan ini tampak cantik mengenakan baju tersebut yang dipadankan dengan topi yang dihiasi bordir dan pita.

Gaun Replika Ratu Victoria

Gaun tersebut merupakan replika gaun yang dikenakan putri tertua Ratu Victoria pada 1841. Gaun asli yang terbuat dari kain satin putih berhiaskan renda halus Honiton tersebut, dipakai untuk semua pembaptisan anggota kerajaan, termasuk Ratu Elizabeth, anak-anak dan cucunya.

Untuk menjaga kelestariannya, pada 2008, Ratu menugaskan Angela Kelly untuk membuat replika buatan tangan. James, Viscount Severn, anak dari Earl dan Countess of Wessex, adalah anggota pertama dari keluarga kerajaan yang memakai replika gaun ini pada April 2008.

Sejak itu, gaun ini diyakini telah digunakan oleh cucu Ratu Elizabeth, Peter Phillips, untuk pembaptisan kedua putrinya. Dan kemungkinan digunakan lagi oleh adiknya, Zara Phillips, untuk anak pertamanya yang lahir pada Januari.

Upacara pembaptisan Maud lebih sederhana dibanding acara pembaptisan Pangeran George, karena upacara ini hanya dihadiri keluarga terdekat tanpa tetua keluarga kerajaan.