Gelaran Acara Peringatan Hari Ibu Nasional 2013 Linda Gumelar saat pembukaan acara Katurimbi expo 2013 Foto: pinkkorset/merida

Gelaran Acara Peringatan Hari Ibu Nasional 2013

PinkKorset.com, Jakarta – Untuk memperingati Hari Ibu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sepanjang Desember mengadakan serangkaian acara yang didedikasikan untuk para perempuan.

Katurimbi Expo 2013 yang digelar di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta,  merupakan salah satu rangkaian acara Perayaan Hari Ibu (PHI) yang ke-85.

Sebelumnya, tiga acara sudah digelar sejak awal Desember. Seperti bakti sosial di daerah Tanjung Atom, Tangerang (3/12), lalu Fun Badminton di Taufik Hidayat Arena di Ciracas, Jakarta Timur (8/12) dan donor darah di Aula dr. Siwabessy Gd. Prof. Suyudi, Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan (9/12).

“Dalam donor darah, dari seribu orang yang mendaftar, terkumpul 802 kantong darah.” Ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Gumelar, pada pembukaan acara Katurimbi Expo 2013 di JCC, Jakarta, Rabu (11/12/2013).

Dengan dibantu enam organisasi perempuan, yaitu Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Dharma Pertiwi, KOWANI, Dharma Wanita Persatuan, Bhayangkari dan TP.PKK Pusat, berbagai acara PHI ini dilaksanakan.

Acara Katurimbi Expo 2013 yang dilakukan dari 11-15 Desember ini akan dibarengi berbagai kegiatan seminar. Seperti seminar bertajuk tema “Peran Perempuan sebagai Penggerak Ekonomi Indonesia: Strategi Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia” yang digelar pada 11 Desember.

Lalu seminar pada 12 Desember 2013 di Kementerian Agama, Jakarta dengan tema “Upaya Terobosan Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu”.

Rangkaian acara puncak akan dilakukan pada 18 Desember 2011 di Sasana Kriya TMII, diisi dengan Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) serta penandatanganan Sampul Perangko Prisma Hari Ibu Tahun 2013 oleh Presiden Republik Indonesia.

Selanjutnya, pada 22 Desember akan diadakan kegiatan Fun Walk dan Fun Bike di Kementerian Pertahanan yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2013 dengan peserta sekitar 5500 orang. Kegiatan ini akan dibuka oleh Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono, dan dihadiri oleh Ibu Herawati Boediono. Tema yang diangkat “Gerakan Indonesia Bersih”.