Gitar Elektrik Bob Dylan Laku Rp11M Foto: berbagai sumber

Gitar Elektrik Bob Dylan Laku Rp11M

PinkKorset.com, New York – Gitar elektrik yang dimainkan Bob Dylan dalam Newport Folk Festival 1965 mencapai rekor harga US$965.000 atau sekitar Rp11 milliar dalam lelang di New York.

Festival di Newport, Rhode Island, seringkali disebut pertunjukkan transisi Bob Dylan dari musik rakyat ‘menjadi elektrik’. Ketika itu, Bob menyajikan serangkaian lagu-lagu asli didukung oleh band rock & roll Paul Butterfield Blues Band. Komunitas folk, yang semula memujanya karena memainkan musik rakyat secara tradisional, menyambut pertunjukan kali ini dengan cemoohan ‘setan’. Namun, Bob Dylan diterima oleh komunitas rock & roll.

“Menit dimana Dylan bermain elektrik, seluruh anak muda mengatakan, ‘Bobby bermain elektrik. Kami juga bermain elektrik.” “, kata pengagas Newport Folk Festival George Wein, 88 tahun kepada kantor berita Associated Press.

Gitar Elektrik Bob Dylan Laku Rp11M

Newport Folk Festival 1965
Foto: berbagai sumber

Gitar Fender Stratocaster ini telah menjadi milik sebuah keluarga di New Jersey selama 48 tahun, setelah Dylan meninggalkannya di pesawat.

Dawn Peterson, anak dari pilot pribadi pesawat yang ditumpangi Bob Dylan mengatakan bahwa gitar itu asli. Hal itu diungkapkan dalam program yang disiarkan PBS History Detectives.

Menurutnya, sang ayah telah menanyakan kepada perusahaan manajemen Bob Dylan apa yang harus dilakukan terhadap gitar tersebut, tetapi tak seorangpun kembali menghubunginya.

Para ahli pun mencocokan gitar yang terbuat dari kayu tersebut dengan foto perlengkapan Dylan dalam festival tersebut, dan  terbuktu asli.

Rekor harga penjualan gitar dalam lelang sebelumnya, yaitu penjualan gitar Fender milik Eric Clapton, yang memiliki panggilan “Blackie”, yang terjual di balai lelang seharga US$959.500 pada 2004.