Guy Fawkes dan 5 November

PinkKorset.com – Anda penasaran mengapa 5 November dan Guy Fawkes menjadi trending topic di Twitter?

Guy Fawkes melegenda ketika ia menjadi pemberontak terkenal di Inggris yang berusaha meledakkan Gedung Parlemen di London pada 1605. Mendadak, Fawkes di jaman itu menjadi simbol perlawanan anonimus terhadap rezim.

Ikon ini kian populer ketika Hollywood memutuskan untuk mengangkatnya menjadi film bertajuk V for Vendetta yang diperankan Hugo Weaving dan Natalie Portman. Topeng Fawkes pun menjadi aksesoris favorit muda-mudi dengan jiwa memberontak.

Topeng itu bukan ciptaan Fawkes. Melainkan seniman ilustrasi David Llyod, yang juga sama sekali tak menyangka topeng Fawkes bakal populer. “Topeng itu simbol protes masyarakat terhadap tirani,” kata Llyod.

Sebelum V for Vendetta muncul pada 2005, kostum Fawkes memang sudah populer di Inggris yang memperingati Guy Fawkes Day setiap 5 November. Tentunya, peringatan itu sudah lepas dari rencana brutal Fawkes aslinya.

Beberapa waktu belakangan ini, terinspirasi filmnya, topeng Fawkes kembali menjadi ikon pertentangan global. Hingga Time Warner yang memegang lisensinya, kebanjiran pesanan hingga 100 ribu topeng per tahun.