Hindari Tujuh Makanan Olah Ini

PinkKorset.com – Makanan olahan yang praktis seringkali menjadi pilihan bagi anda yang sibuk ataupun kurang suka berkutat di dapur. Ketahuilah bahwa beberapa diantaranya tak menyehatkan.

Sebenarnya, sudah bukan rahasia bahwa makanan yang diproses umumnya tak sehat. Selain nutrisinya yang rendah, terdapat bahan-bahan pengawet industri. Berikut tujuh makanan olahan yang dianggap tak menyehatkan.

Chicken Nugget

Jangan berpikir karena bahan utamanya ayam, makanan ini menyehatkan. Umumnya, kandungan lemak dalam chicken nugget mencapai 50% atau lebih, serta lebih banyak karbohidrat ketimbang protein. Belum lagi cara memakannya yang harus digoreng terlebih dahulu. Chicken nugget juga mengandung zat berbahaya seperti MSG dan TBHQ.

Soda

Minuman yang paling digemari ini sama sekali tak bernutrisi dan malah mengandung bahan yang bisa membuat anda sakit. Kandungan utamanya gula dan hampir semua soda saat ini dibuat menggunakan sirup jagung berfruktosa tinggi, lebih bahaya ketimbang gula. Bahan tersebut bisa merusak hati dan meningkatkan glukosa darah dengan cepat.

Hotdog dan Daging Olahan

Kandungan garam, MSG, sodium nitrat dan pengawet lainnya, perasa buatan, isi yang dari bahan murah, serta proses pemisahan daging secara mekanis merupakan alasan mengapa hotdog dan daging olahan tak sehat. Proses olahannya membuat kandungan nutrisi dan protein hilang.

Kue atau Cake Buatan Toko

Selain kandungan gula dan garam yang tinggi, lemak buatan di dalamnya juga banyak karena murah untuk diproduksi. Bahan-bahan tak menyehatkan itu dipadu bahan lainnya untuk membuat kue-kue itu lebih awet dipajang.

Sereal

Pernahkan anda bertanya-tanya, mengapa di dalam iklan sereal selalu ‘diunggulkan’ kandungan vitamin dan mineralnya? Sesungguhnya, tanpa vitamin dan mineral, takkan ada yang mau membeli sereal. Kualitas vitamin dalam sereal biasanya rendah karena ditambahkan secara artifisial saat diproses. Sereal sarapan juga banyak gulanya dan bahkan sirup jagung berfruktosa tinggi.

Granola Bar

Makanan batangan yang biasanya digunakan untuk mengganjal di kala lapar ini, secara mengejutkan masuk dalam daftar. Alasannya, kandungan sirup jagung berfruktosa tinggi di dalamnya. Padahal, granola bar selalu diiklankan sebagai makanan sehat berserat tinggi.

Salad Dressing Siap Saji

Menambahkan sirup jagung berfruktosa tinggi menjadi cara murah bagi produsen untuk membuat dressing dalam jumlah besar. Demikian pula lemak buatan dan MSG. Dressing seperti ini membuat sayuran salad yang sehat jadi tak menyehatkan. Yang paling baik, buat sendiri dressing anda.

Kesimpulannya, cara terbaik untuk makan lebih sehat adalah mengiliminasi atau setidaknya mengurangi secara signifikan konsumsi makanan olahan. Sangat penting untuk membaca label komposisi makanan dan tak hanya mengandalkan apa yang tertulis di bagian depan produk tersebut.