Inilah 8 Festival Air Paling Menakjubkan Festival Thingyan di Myanmar Foto: myanmarthreeland

Inilah 8 Festival Air Paling Menakjubkan

PinkKorset.com, Jakarta – Bepergian mengelilingi dunia, kerap membawa pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan. Tak hanya budaya dan kebiasaan, namun juga menjelajah tempat-tempat baru yang fantastis.

Air adalah sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia. Selain berfungsi membersihkan, mendinginkan, menyegarkan, air juga memiliki filosofi mengalir, yang bisa diartikan membagikan rejeki dan kebahagiaan.

Tak heran bila air kerap digunakan sebagai simbol dalam berbagai ritual budaya di berbagai belahan dunia. Lihat saja festival air yang menakjubkan di delapan negara ini.

Songkran

Acara tahun baru ini adalah salah satu festival paling populer di Thailand yang digelar pada pertangahan April selama tiga hari. Awalnya, Songkran berasal dari perayaan Hindu. Namun, kini Songkran dianggap pesta perang air besar, yang membawa kesegaran di tengah waktu terpanas di Thailand tahun ini.

 

Perang  Balon Air Seattle

Musim panas kemarin, Seattle Party Camp meluncurkan sebuah acara yang disebut “The World’s Largest Water Fight.” Festival sepanjang hari merupakan upaya untuk memecahkan rekor dalam Guinness World Record dalam perang air sembari mengumpulkan dana untuk amal. Meskipun gagal masuk buku Guinness, lebih dari US$ 55 ribu dana terkumpul untuk Camp Korey, organisasi rekreasi untuk anak-anak dengan kondisi medis yang sudah parah.

 

Thingyan

Meskipun Thingyan juga perayaan Tahun Baru di pertengahan April, festival air ini memiliki tradisi yang sangat berbeda dengan Songkran. Thingyan berasal dari tradisi Budha, dan masih memegang sebagian besar budaya Myanmar. Pada acara ini, penduduk melemparkan ember air ke siapa pun yang mereka temui. Selain fokus melakukan perbuatan baik satu sama lain .

 

Festival Pukulan Ombak Dai

Festival ini sangat penting bagi etnis minoritas Dai di ​​China. Festival ini berlangsung selama tiga hari. Pada hari pertama, warga berbelanja di pasar terbuka khusus. Hari kedua, mereka mengapungkan lentera menyusuri Sungai Lancang, yang bermakna menangkal roh jahat.

Puncak dari festival ini adalah hari ketiga, ketika peserta berdandan dengan pakaian terbaik mereka, berkumpul di sebuah kuil Buddha dan terlibat dalam ritual memercik air.

 

Fiesta del Agua y del Jamon

Juga dikenal sebagai Festival Air dan Ham, Fiesta del Agua y del Jamon adalah perayaan San Juan Batista, atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Yohanes Pembaptis. Setelah waktu melewati tengah malam pada 23 Juni, perang air meriah dimulai. Setelah semua orang basah tersiram air, penduduk berpesta dengan bir dan kembang api.

 

Chaul Chnam Thmey

Dikenal sebagai Tahun Baru Kamboja, Chaul Chnam Thmey memiliki elemen yang serupa dengan Songkran dan Thingyan. Namun, festival ini lebih difokuskan pada pembersihan spiritual, melakukan perbuatan baik, dengan menampilkan kerajinan, musik dan tarian lokal. Peserta menyiramkan diri mereka sendiri dengan air suci, dan memercikkan air wangi pada biksu dan patung Budha.

 

Vardavar

Dirayakan di Armenia, Vardavar adalah festival air yang berasal dari akar agama Kristen dan kepercayaan pagan. Menurut tradisi, dewi pagan Astghik akan menyebar cinta dan air mawar di seluruh negeri sedangkan God Vahagn akan melindungi rakyat.

Setelah mengadopsi agama Kristen, Vardavar mengalami beberapa perubahan, yakni merayakan transfigurasi Yesus ketika ia muncul di Gunug Tabor. Sementara beberapa ahli mengatakan, Vardavar terkait dengan persitiwa Banjir Besar dan Perahu Nuh.

Ini adalah hari libur paling favorit dan menyenangkan di Armenia. Mirip dengan festival air lainnya, penduduk Armenia pergi ke jalan-jalan dan menyemprot air satu sama lain selama Vardavar. Namun, mereka juga memiliki tradisi melepaskan burung merpati ke udara .

 

Perang Air New York City

Big Apple juga memiliki prang air massal. Pada 29 Juni 2013, kelompok NYC4nerds.com menyelenggarakan pertarungan air meriah di Great Lawn, Central Park. Aturan perang air sederhana, yakni membawa senjata air dan balon air dan semprotkan ke orang-orang sekitar. Aksi ini menarik ribuan peserta dan media massa.

 

 

Belum Ada Berita Terkait