Inilah Perusahaan Paling Dibanggakan Orang Jepang Foto: google

Inilah Perusahaan Paling Dibanggakan Orang Jepang

PinkKorset.com, Tokyo –  Peneliti pasar Risk Monster merilis survei pertamanya ‘Companies the Japanese Can be Globally Proud Of”.

Survei yang digelar pada 25-27 Februari 2013, menerima tanggapan valid dari 1000 responden laki-laki dan perempuan berusia antara 20-69 tahun. Penelitian ini imengumpulkan 200 perusahaan dengan penjualan tahunan paling sedikit 250 miliar yen atau Rp27 triliun dan memiliki karyawan minimal 5.000 orang.

10 perusahaan paling membanggakan bagi orang Jepang adalah Toyota Motor Corporation dengan tingkat respon sebesar 58,0%. Lalu Sony, dengan 43,2%, Honda dengan 39,5%, Panasonic 35,6%, Nissan 33,5%, Canon 32,0%, Toshiba 28,9%, Bridgestone 28,1%,  Nintendo 27,8%  dan Hitachi 27,0%.

Sedangkan dari industri, perusahaan manufaktur dianggap paling membanggakan. Terlihat dari hasil survei, dimana 19 dari 20 perusahaan bergerak di sekor manufaktur.

Tiga perusahaan mobil (Toyota, Honda, Nissan), delapan perusahaan mesin listrik / perangkat listrik, (Sony, Panasonic, Canon, Toshiba, Hitachi, Fujitsu, Sharp, Nikon), dua perusahaan kimia (Fuji Film, Shiseido) serta enam lainnya seperti Bridgestone, Nintendo, Toto, Ajinomoto, Mitsubishi Heavy Industries dan Yamaha.

Satu-satunya perusahaan nonmanufaktur yang berada di 20 besar adalah perusahaan pelayaran Yamato Transport, yang dikenal banyak orang di Jepang sebagai transportasi “Black Cat”.

Berdasarkan Risk Monster, hasil riset ini menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan pada kemampuan teknis sektor manufaktur Jepang dan kualitas produk-produknya.

Alasan utama yang diberikan responden atas pilihan mereka termasuk “kemampuan teknis,” “kemampuan pengembangan,” dan “pangsa pasar global.” “Kinerja luar negeri” juga apat peringkat cukup tinggi.

Perusahaan-perusahaan dengan peringkat atas ini, hampir semuanya memiliki volume penjualan yang tinggi dan pangsa pasar domestik yang besar.