Jakarta Timur Gelar Festival Balai Pustaka Foto: pinkkorset

Jakarta Timur Gelar Festival Balai Pustaka

PinkKorset.com, Jakarta – Jakarta Timur untuk pertama kalinya mengadakan acara Festival Balai Pustaka yang digelar selama dua hari berturut-turut.

Acara ini diadakan Sabtu – Minggu (7-8 Desember 2013) di sepanjang jalan Balai Pustaka Timur sisi barat. Demi menjaga ketertiban pesta kuliner dan budaya Jakarta Timur ini, maka ruas jalan tersebut ditutup hanya saat acara berlangsung, yakni pada pukul 19.00-23.00 WIB. Sejumlah polisi pun dikerahkan untuk menjaga keamanan.

Berbagai makanan dijajakan, dari sup buah, sate ayam, bakso, pempek, martabak, dimsum, cilok hingga dawet hitam. Kebanyakan adalah pedagang yang memang biasa mangkal di sepanjang jalan ini.

Namun, ada juga perwakilan dari asosiasi UKM Jakarta Timur, yang menawarkan furniture, pakaian, pajangan kayu hingga aksesoris lainnya.

Para pedagang ini mengaku, pemberitahuan tentang acara ini sangat  mendadak. Misalkan saja Tata, penjual cilok yang biasa mangkal di Tirta Bojana, Jakarta Timur, mengatakan informasi acara ini diberikan temannya tadi pagi. Ia pun tidak sempat melakukan persiapan yang cukup menghadapi antrian pembeli.

Demikian juga Rohman, pedagang furnitur ‘Cipta Mustika’ yang punya lapak di Sentra Perdagangan Furniture Klender mengaku, baru tahu acara ini sehari sebelumnya. Alhasil, barang dagangan yang bisa dibawa pun tidak banyak.

Bagaimanapun, animo masyarakat sangat besar. Sejak booth dirapikan, banyak masyarakat sekitar yang sudah datang dan melihat-lihat. Jumlah pengunjung pun semakin banyak dan membludak menjelang malam. Apalagi pembukaan diwarnai dengan iring-iringan Barongsai dan pertunjukan Kembang Api.

Putri, pemilik booth pakaian batik  ‘Gadis’ mengatakan kegembiraannya atas inisiatif pemerintah terhadap acara ini. “Senang ya ada festival seperti ini. Apalagi dengar-dengar Festival Balai Pustaka ini akan dibuat rutin, dua minggu sekai atau sebulan sekali gitu,”ujarnya yang ikut festival serupa di Monas.

Dagangan batiknya yang dibenderol Rp100 ribu hingga Rp350 ribu ini pun cukup laris. “Baru hari pertama saja, lumayan kok yang beli. Mudah-mudahan berlanjut sampai besok,”katanya.

Belum Ada Berita Terkait