Katurimbi Expo: Usaha untuk Mengapresiasi Perempuan

PinkKorset.com, Jakarta – Pemerintah terus berupaya meningkatkan kesetaraan perempuan Indonesia. Berbagai acara pun digelar untuk memberi peluang bisnis bagi kaum hawa.

Salah satunya adalah Katurimbi Expo 2013. Pameran dalam rangkaian acara Perayaan Hari Ibu (PHI) yang ke-85 ini diadakan pada 11-15 Desember 2013 di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Sulikanti Agusni, ketua panitia acara Katumbiri Expo 2013 mengatakan, tujuan acara ini lebih difokuskan pada perempuan,”Karena selama ini perempuan masih mengalami kekurangan untuk mendapatkan kesempatan dalam berkarir dan menunjukkan keberhasilannya,”ujar Sulikanti yang juga Deputi Bidang Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi di dalam Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) kepada PinkKorset.com, Rabu (11/12/2013).

Menurutnya, dalam Katumbiri Expo kali ini, pihak KPPPA menggandeng Kementerian Perdagangan serta perbankan swasta untuk mendukung  hasil karya perempuan yang dipamerkan dalam stand-stand tersebut.

“Dengan kerja sama itu, mereka bisa melihat hasil karya para perempuan. Jadi, kalau ada yang bagus bisa dibantu ekspor ke luar negeri dan kalau diantara mereka (perempuan pemilik UKM) ada yang mau meminjam modal untuk membesarkan usahanya, mungkin pihak bank bisa membantu,” tambahnya.

Senada dengan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan. Menurutnya, pameran yang diikuti lebih dari 300 stand ini dapat dimanfaatkan untuk menampilkan keunggulan produk kerajinan dan peran penting para wirausaha serta Usaha Kecil Menengah (UKM) khususnya yang dikelola perempuan.