Kesehatan Mental Juga Penting

PinkKorset.com – Banyak orang fokus melakukan aktivitas fisik untuk kesehatan tubuh. Sadarkah anda bahwa kesehatan mental sama pentingnya?

Otak anda bukan otot, tapi anda bisa memperlakukannya dengan sama. Seperti latihan fisik, anda bisa melatih otak berulangkali. Tak perlu sulit, mengingat teka-teki silang atau sudoku sudah bisa banyak ditemukan.

Begitu menguasai latihan yang mudah, anda bisa melakukan yang lebih sulit untuk mendorong otak, seperti otot anda, ke level yang lebih tinggi. Kemampuan neuroplastik otak bisa tumbuh dan merespon tantangan baru.

Ilmuwan tadinya meyakini, kemampuan mental akan matang sejalan usia seseorang. Studi neuroplastik menunjukkan sebaliknya, karena otak membutuhkan latihan yang canggih serta arahan agar bisa tumbuh dengan baik.

Perlu diingat tujuan melatih otak bukan untuk mempertahankan skor. Tapi untuk memperbaiki kemampuan inti otak yang menjadi pusat kinerja untuk ‘permainan’ itu. Tujuan akhirnya untuk kebaikan anda sendiri.

Diantaranya meningkatkan fokus, mempercepat kemampuan memproses sesuatu sehingga anda bereaksi lebih cepat, serta memperkuat memori. Melatih otak hanya butuh beberapa menit sehari, tapi dampaknya bisa seumur hidup. [ram]