Lagi, Facebook Utik Privasi Pengguna Facebook

Lagi, Facebook Utik Privasi Pengguna

PinkKorset.com – Facebook lagi-lagi membuat perubahan yang agak merugikan penggunanya, terkait pengaturan privasi.

Jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg ini menyingkirkan pengaturan privasi mengenai siapa yang bisa melihat timeline anda. Per Desember mendatang, siapapun bisa melihatnya meskipun anda telah memblokir orang itu.

Sebenarnya, banyak cara untuk mengintip akun anda. Mulai dari foto anda yang di-tag oleh kawan Facebook, mencari di daftar pertemanan, hingga menelusuri like anda di postingan news feed kawan.

Dengan Graph Search baru, seseorang kini bisa dengan mudahnya mengendus keberadaan anda di Facebook. Misalnya dengan melakukan pencarian ‘people who live in Jakarta’, orang itu bisa melihat profil anda, jika anda mencantumkan Jakarta sebagai tempat tinggal.

Menurut situs TechCrunch, perubahan ini memberi keamanan palsu untuk para penggunanya. Facebook juga dirasa perlu memberi kendali privasi universal yang lebih kuat bagi pengguna yang ingin membatasi diri.

Dalam beberapa bulan mendatang, Facebook akan mengirimkan pemberitahuan kepada setiap penggunanya mengenai perubahan ini. Pengguna harus mengkonfirmasi bahwa mereka mengerti dan privacy setting itu akan menghilang dari opsi.