Langkah Tepat Membersihkan Wajah Anda Foto: neeedthecure

Langkah Tepat Membersihkan Wajah Anda

PinkKorset.com, Jakarta – Kendati tak pernah alpa membersihkan muka setiap hari, jerawat dan masalah lain masih sering hinggap di muka. Apa yang salah?

Membersihkan muka memang hal sederhana yang biasa kita lakukan sehari-hari. Namun, bisa jadi Anda menerapkan hal yang keliru saat melakukannya. Coba cek kembali langkah-langkah berikut untuk mengetahui hal apa yang tidak tepat.

1.       Pilih pembersih yang sesuai dengan jenis wajah Anda

Hal ini sangat penting, karena tiap jenis kulit memiliki penanganan dan zat aktif yang berbeda-beda. Untuk itulah gunanya mengetahui jenis kulit wajah Anda terlebih dahulu.

2.       Pastikan tangan Anda bersih sebelum mencuci muka

Tak ada salahnya mencuci tangan dahulu sebelum mulai mencuci muka. Tangan yang kotor akan membuat banyak masalah di muka Anda saat menyentuhnya, seperti memicu timbulnya jerawat.

 3.      Cuci handuk kecil Anda

Dengan terjaga kebersihannya, handuk kecil yang Anda gunakan untuk mengeringkan wajah tidak akan menjadi tempat hidup dan berkembang biaknya bateri atau kuman.

4.      Gunakan air dengan suhu yang tepat

Air yang digunakan untuk membasuh muka, tidak perlu yang terlalu panas atau terlalu dingin.

5.      Gunakan sabun muka dengan perlahan

Anda tak perlu menggosoknya terlalu keras, terutama jika menggunakan pembersih muka yang bertekstur kasar seperti scrub. Hal ini mencegah terjadinya pengelupasan dan iritasi pada kulit, juga mencegah kerusakan pada kulit muka.

6.      Pastikan Anda membilas dengan bersih

Sisa-sisa sabun dapat menyebabkan kulit kering. Oleh sebab itu, pastikan Anda membilas sisa-sisa pembersih muka secara bersih dan menyeluruh.

7.      Cuci muka dua kali sehari

Dua kali sehari adalah waktu yang tepat untuk Anda menjaga kebersihan dan kesehatan muka Anda.  Pertama saat bangun dari tidur, karena ini berguna untuk membersihkan kotoran dan bakteri yang menempel di wajah saat Anda tidur. Lalu sore atau malam hari setelah selesai beraktivitas untuk menghapus make up Anda.