Lendir Siput Bikin Cantik? Foto: Reuters

Lendir Siput Bikin Cantik?

PinkKorset.com – Banyak yang menganggap hewan ini menjijikkan, namun tak sedikit pula yang memakannya. Ternyata, siput juga bisa untuk kecantikan.

Orang Prancis adalah yang suka mengkonsumsi hidangan siput, mereka menyebutnya dengan escargot. Dan petani Prancis-lah yang memprakarsai spa siput ini, Louis-Marie Guedon.

“Saya sudah memproduksi lendir (siput) selama tiga tahun, tapi secara manual,” ujar pria berusia 47 tahun yang memelihara hewan itu selama 25 tahun.

Menurut Guedon, lendir siput kaya akan kolagen, asam glikolik, antibiotik, dan bahan-bahan lain yang mampu meregenerasi kulit dan menyembuhkan luka. Pria asal Champagnolles ini meyakini, terapi tersebut bisa merevolusi industri kosmetik.

Tebakan Guedon tepat. Ia sudah mengantongi tiga kontrak dengan lab kosmetik setempat dan sebuah perusahaan di Paris yang melakukan racikan untuk produk-produk ternama. “Klien ini memesan tiga ton lendir,” katanya.

Setiap tahun, Guedon menjual 25 juta bayi siput ke petani Prancis dan mancanegara. Jenis yang ia kembangkan adalah siput kebun atau yang nama latinnya Helix Aspersa Minima dan Helix Aspersa Maxima, hingga mencapai 650 ribu ekor.

Bagaimana caranya memperoleh lendir? Guedon tak mau membagi rahasianya. Yang jelas, tren ini sudah terdengar di Asia dan Amerika Selatan, serta baru masuk Eropa. Bahkan di Jepang, ada pijat wajah dengan siput hidup.