Mandi Belut Biar Cantik?

PinkKorset.com – Banyak orang siap melakukan apa saja demi kecantikan. Termasuk, mandi belut yang ada resiko mengerikan.

Teknik yang bersumber di China mulai  populer. Konsepnya, berendam di bak penuh belut yang ukurannya tak lebih besar dari sebatang pensil. Kabarnya, ide belut itu dari terapi pedicure ikan alias fish spa yang ngetren pada 2011.

Namun seorang konsultan kesehatan bernama Wendy Nixon, dalam konferensi kesehatan yang digelar Chartered Institute of Environmental Health (CIEH) baru-baru ini menyatakan, ada masalah di prosedur tersebut.

“Ada satu kasus, belut itu masuk melalui ujung kemaluan pria dan diam di ginjalnya. Akhirnya dia malah operasi tiga jam untuk mengeluarkan si belut,” kata Nixon.

Kasus yang ia maksud adalah yang menimpa Zhang Nan, pria berusia 56 tahun dari Provinsi Hubei, China. Insiden tersebut terjadi dua tahun lalu. “Tiba-tiba kemaluan saya sakit dan ternyata ada belut kecil masuk ke dalamnya,” katanya.

Sementara CIEH khawatir dengan prosedur yang masih dilakukan ini. Sebab, dilakukan begitu saja oleh orang-orang yang bukan profesional medis dan tanpa konsultasi dengan pakar terlebih dahulu.

“Harus ada yang mempelajari resikonya, sehingga ada semacam nasihat atau panduan untuk masyarakat,” demikian institut tersebut.

Hal ini dibahas dalam konferensi CIEH sebagai bagian dari pertanyaan mereka untuk pedicure ikan setelah banyak konsumen mengaku khawatir dengan perlakuan etis terhadap hewan.