Masalah Kulit Perempuan Kantoran

PinkKorset.com – Kulit kering dan rusak adalah salah satu keluhan perempuan yang bekerja di kantor, terutama yang terus menerus berada di dalam ruangan ber-AC.

Selain efek pendingin ruangan, kurangnya paparan sinar matahari dan stress juga menjadi penyebab timbulnya masalah kulit kering dan rusak. Lalu bagaimana cara untuk menagtasinya? Berikut ulasannya.

Perhatikan tempat anda bekerja.

Apakah anda bekerja di ruangan ber-AC dalam jangka waktu yang lama? Apakah ruangan anda tertutup dan tidak memiliki jendela? Kurangnya sinar matahari dan udara segar mempengaruhi bagaimana kondisi kulit. Jika ruangan kerja anda memiliki udara dingin dari AC serta tanpa ventilasi, maka kulit anda bisa kering dan rusak akibat hilang kelembabannya.

Oleskan pelembab (moisturizer).

Selain mengoleskannya setiap hari, ada baiknya selalu membawa pelembap atau menyimpannya di laci meja kantor.  Sehingga begitu kulit mulai terasa kering, anda bisa dengan mudah segera mengoleskannya.

Gunakan air sebagai pelembab alami.

Air adalah unsur alam yang memiliki banyak kegunaan bagi tubuh, termasuk kulit. Anda bisa sesekali membasuh wajah untuk melembabkannya. Minum air putih sesering mungkin juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Ganti minuman berkafein dengan air putih.

Istirahat

Beristirahatlah sesekali di sela-sela pekerjaan untuk sekadar meregangkan badan. Jika ada waktu lengang, lakukan latihan-latihan mudah yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

– Keluar ruangan, hirup udara segar. Udara segar juga memberi kesempatan kulit untuk bernafas dan lembab.

– Matikan komputer. Berada di depan komputer dalam waktu lama mempengaruhi kondisi kulit. Efek radiasi komputer bisa membuat kulit berubah menjadi pucat, merah dan bengkak.

Kurangi stress.

Stres menyebabkan kulit kering, berjerawat, dan lain-lain. Kurangi stress dengan mencari penyebab dan solusinya. Kondisi kulit pun membaik jika anda bebas stress.

Aktif bergerak.

Tubuh sehat karena aktif bergerak, juga bisa dilakukan di kantor. Misalnya, gunakan tangga ketimbang lift, ikut gerakan bersepeda ke kantor, hingga mengantar sendiri dokumen ke divisi lain dan tidak menyuruh orang.

Periksa kondisi pendingin ruangan.

Pendingin ruangan kadang bekerja tidak baik. Entah terlalu dingin atau terlalu kencang, dan masalah lainnya. Hal ini menimbulkan rasa tak nyaman bagi pekerja di ruangan tersebut. Berbicaralah dengan pihak manajemen kantor atau pengelola gedung untuk memeriksa kondisi pendingin ruangan di kantor tersebut. Faktor kenyamanan sangatlah penting dalam melakukan pekerjaan.

Bukalah pintu dan jendela di sekitar anda.

Jika memungkinkan, bukalah pintu dan jendela di sekitar anda agar ada udara segar yang masuk ke dalam ruangan. Banyak penelitian menunjukkan, udara di luar ruangan jauh lebih sehat ketimbang di dalam.

Siapkan make-up sebagai perawatan tambahan.

Fondation, cleanser dan concealor adalah rangkaian make-up cadangan yang bisa membantu menjaga kondisi kulit dan menutupi beberapa kekurangan kulit akibat kurangnya kelembaban. Pilih jenis dan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit anda.