Melirik Pesona Mobil LCGC ki-ka atas: Daihatsu Ayla, Karimun Wagon R, Honda Brio Satya bawah: Toyota Agya, Datsun Go, Datsun Go+

Melirik Pesona Mobil LCGC

PinkKorset.com, Jakarta – Pameran otomotif  Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 menjadi periode dimulainya era mobil Low Cost and Green Car (LCGC). Mengangkat tema ‘Smart Vehicle Mobility’, lima pabrikan mobil siap terjun ke segmen ini.

Kehadiran mobil dengan konsep LCGC ini sudah ditunggu-tunggu sejak tahun lalu. Seiring kenaikan harga bahan bakar, mobil LCGC diyakini akan menjadi primadona baru di pameran otomotif  yang digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, selama 19-29 September 2013.

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla merupakan mobil LCGC pertama yang secara resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia pada 9 September 2013. Disusul Honda Brio Satya, Suzuki Wagon R dan Datsun (Nissan) Go serta Datsun Go+.

Peminat Karimun Wagon R baru bisa inden selama pameran, karena peluncuran resmi model ini baru akan dilakukan pada Oktober 2013. Sedangkan Datsun Go baru tersedia tahun depan.

 

Toyota Agya

Rp99,9 juta- Rp120,75 juta (on  the road)

Agya hadir dalam 3 varian, yakni E, G dan TRD S. Memiliki lampu belakang dengan kombinasi desain dan bemper yang unik, Agya telah dilengkapi power steering dan Dual SRS Airbag. Kendati mungil, mobil keluaran Toyota ini memiliki kabin yang cukup luas. Agya didukung mesin tipe I KR 1000CC 3 silinder, dan diklaim hemat bahan bakar, hingga 20 ilometer per liter.

 

Daihatsu Ayla

Rp76 juta – Rp106 juta

Mobil keluaran Daihatsu ini hadir dalam 6 varian, yang terbagi dalam empat tipe yakni D, D+, M dan X. Untuk varian D dan D+, hanya tersedia satu transmisi yaitu manual. Sedangkan M dan X masing-masing memiliki dua transmisi yakni manual dan otomatis. Ayla memiliki mesin tipw I KR-DE DOHC berkapasitas 998 cc 3 silinder. Dengan bagasi yang cukup lebar, Ayla juga diklaim hemat bahan bakar hingga 20 kilometer per liter.

 

Honda Brio Satya

Rp106 juta –Rp117 juta

Hadir dalam 3 varian, yakni A, S dan E, Brio Satya memiliki mesin beteknologi i-VTEC SOHC 1200 cc 4 silinderm terbesar di kelasnya. Ketiga varian ini juga sudah dilengkapi dual SRS air bags, rangka bodi G-CON, audio system 2Din Single Disc MP3/WMA, AUX-In, USB dan iPod Connection. Namun, sayang, belum tersedia versi otomatisnya dari Brio Satya.

 

Suzuki Wagon R

Estimasi harga Rp80 juta- Rp110 juta

Wagon R menggunakan mesin generasi baru K10B 1.000cc tiga silinder DOHC 12 katup, yang mampu mengeluarkan tenaga 68 PS dan torsi 90 Nm. Selain tinggi, lega, nyaman, mobil ini diklaim akan irit bahan bakar.

Di Jepang, Wagon R merupakan city car dengan mesin 660 cc. Di India, mobil ini sudah terlebih dulu diluncurkan dengan mesin bensin K-series 3 silinder berkapasitas 1,0 liter. Di Indonesia, Wagon R diperkirakan akan dilengkapi mesin berkapasitas 1000-1200 cc.

 

Datsun Go dan Datsun Go+

Estimasi harga di bawah Rp100 juta

Datsun Go dan Datsun Go+ diklaim memiliki mesin 1.200cc dengan transmisi manual lima percepatan yang responsif dan efisien di sisi pemakaian bahan bakar. Mesin ini diambil dari Nissan March dengan sejumlah penyesuaian.

Datsun juga menawarkan Mobile Docking Station untuk disambungkan ke smartphone sebagai sarana hiburan. Efisiensi bahan bakarnya terbilang sempurna, dengan jangkauan lebih dari 20 kilometer per liter.

Datsun Go+ adalah kendaraan multipurpose vehicle (MPV) dengan tiga baris bangku dan ruang kabin lega. Sedangkan Datsung Go adalah hatchback sub-kompak. Kedua model ini rencananya baru akan dipasarkan pada 2014.