Warga Negara Mana yang Paling Bodoh?

PinkKorset.com – Mengejutkan. Ternyata warga negara yang satu ini, berdasarkan sebuah survei, dikatakan sebagai yang terbodoh.

Bukan rahasia jika anak-anak usia sekolah di Amerika Serikat (AS) tak begitu bisa bersaing secara internasional. Sebuah survei baru-baru ini membuktikan, hal sama juga menimpa orang dewasa negara adidaya itu.

Program for the International Assessment of Adult Competencies menyatakan, orang dewasa AS memiliki skor yang rendah secara internasional untuk matematika, membaca, dan memecahkan masalah menggunakan teknologi.

Sementara orang dewasa di Jepang, Kanada, Australia, Finlandia, dan beberapa negara lainnya lebih jago di ketiga area tersebut. Tak hanya itu, ada selisih besar dalam tes yang dilakukan terhadap tenaga kerja terlatih dan tak terlatih.

Dalam matematika dan membaca, misalnya. Orangtua yang mengenyam bangku kuliah lebih baik ketimbang mereka yang sama sekali tak menyelesaikan SMU. Padahal, survei ini juga menyatakan, mendidik orang Amerika lebih gampang.

Survei ini melibatkan 166 ribu orang berusia 16-65 tahun di lebih dari 20 negara. Tes dikembangkan oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), yang meliputi negara-negara industri.

Hasil suram ini juga menimpa masyarakat Eropa. Negara-negara yang terpukul krisis paling keras, Italia dan Spanyol, berada di posisi terbawah.