Patung Mandela Berdiri di Afsel Foto:ctvnews

Patung Mandela Berdiri di Afsel

PinkKorset.com, Pretoria –  Sehari setelah pemakaman Nelson Mandela, patung presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan ini didirikan di kantor pemerintah pusat, Union Buildings.

Patung perunggu setinggi sembilan meter ini menggambarkan Nelson Mandela dengan kedua tangan terentang. Hal ini sebagai simbol bahwa Afrika Selatan memeluk seluruh negeri untuk bersatu. Demikian menurut Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma.

Nelson Mandela mendapat pemakaman kenegaraan di rumah leluhurnya pada Minggu (15/12).

Anggota African National Congress (ANC), veteran perang melawan apartheid dan pejabat asing, termasuk beberapa presiden Afrika dan Prince of Wales, menghadiri upacara pemakaman di desa Qunu di provinsi Eastern Cape Afrika Selatan.

Pemakaman ini digelar 10 hari setelah masa berkabung dan perayaan kehidupan Nelson Mandela, setelah kematiannya di usia 95, pada 5 Desember lalu.

Bendera nasional kembali dikibarkan di puncak tiang pada Senin (16/12/2013), dari posisi setengah tiang. Adapun 16 Desember untuk Afrika Selatan adalah hari libur untuk merayakan rekonsiliasi negara setelah berakhirnya dominasi kulit putih.