Pekan Depan, Emas Diperkirakan Melemah Foto: google

Pekan Depan, Emas Diperkirakan Melemah

PinkKorset.com, New York – Harga emas pekan depan diperkirakan akan melemah untuk minggu kedua berturut-turut, mendekati level terendah sepanjang 2013.

Sebanyak 18 analis yang disurvei Bloomberg memperkirakan harga emas akan turun pekan depan, sedangkan sembilan mengatakan akan naik dan tiga netral. Hal ini karena spekulasi bahwa Federal Reserve akan segera mengurangi stimulus.

Harga emas melemah 6 persen pada November mendekati level rekor terendahnya di US$1180,50 per ounce yang terjadi Juni lalu. Ini merupakan penurunan di tahun pertama sejak 2000.

Harga emas batangan turun tahun ini ketika investor kehilangan kepercayaan terhadap logam mulia ini, dan memaksa perusahaan emas untuk melakukan penghapusan aset senilai US$26 miliar.

Tidak hanya itu. Banyak investor terkenal mengatakan kapok untuk berinvestasi emas. “Anda tidak butuh emas sebagai safe haven” kata John Stephenson, analis dari First Asset Investment Management di Toronto.

Investor terkenal AS John Paulson yang memiliki banyak emas di SPDR Gold Trus juga mengatakan dirinya secara pribadi takkan menambah investasi emas.