Penjualan Turun, CEO Crocs Mundur April 2014 Foto: theaustralian

Penjualan Turun, CEO Crocs Mundur April 2014

PinkKorset.com, New York – Chief Executive Officer Crocs Inc, John McCarvel, akan mundur daari jabatannya sekitar 30 April 2014.  

McCarvel, yang mulai menjabat pada Maret 2010, memperluas produk perusahaan untuk model sepatu lain dan membuka beberapa toko baru.

Namun, konsumen bosan dengan model Crocs serta aksi peniruan terhadap produk ini. Apalagi penjualan dan belanja konsumen AS ikut merosot. Dewan pun menyebutkan sedang mencari pengganti untuk McCarvel.

Saham Crocs turun 7,4% tahun ini di perdagangan New York, dibandingkan dengan kenaikan 29% pada indeks Standard & Poor 500. Crocs naik 2,6% menjadi setara dengan US$ 13,68 pada awal perdagangan hari ini di Jerman.

Untuk mengembalikan keberuntungannya, Crocs berusaha menemukan pembeli untuk seluruh perusahaan. Langkah itu dilakukan pabrikan sandal tersebut untuk mendapatkan kembali popularitasnya yang belakangan mulai surut.

Terkait hal ini, Blackstone Group LP pun diperkirakan akan mengucurkan investasi senilai US$200 juta dalam bentuk kepemilikan yang bisa diubah menjadi saham. Demikian menurut keterangan sumber yang mengetahui hal ini.

Dana tersebut bakal dimanfaatkan guna menaikkan dana pembelian kembali saham (buyback) menjadi US$350 juta. Demikian menurut perusahaan yang berbasis di Niwot, Colorado, Amerika Serikat, seperti dilansir laman Bloomberg, Senin (30/12/2013).

“Kami sudah tidak dapat membeli kembali saham ketika bernegosiasi dalam transaksi ini. Tapi, sekarang kami berharap untuk melakukannya pada awal kuartal 2014,” ujar Jeff Lasher, kepala keuangan Crocs dalam sebuah pernyataan.

Buyback akan mengurangi saham publik biasa sekitar 30%.