Penulis Tweet Rasis Minta Maaf Foto: Twitter/JustineSacco

Penulis Tweet Rasis Minta Maaf

PinkKorset.com, New York – Meski apapun yang anda katakan di media sosial adalah suka-suka, jangan sampai menuai kontoversi seperti Justine Sacco.

Justine terpaksa meminta maaf secara publik karena isi tweet-nya yang rasis. Ia menyampaikannya via ABC News pada Minggu (22/12/2013) waktu setempat. Padahal, ia seorang eksekutif di perusahaannya.

“Saya meminta maaf karena tidak sensitif mengenai krisis ini. Saya malu,” demikian pernyataan tertulis dari Justine yang kini telah dipecat dari perusahaannya, InterActive Corp.

Penulis Tweet Rasis Minta Maaf

Foto: Twitter/JustineSacco

Tweet bermasalah itu ia posting saat akan bertolak menuju Afrika Selatan (Afsel) pada akhir pekan lalu.

Pergi ke Afrika. Saya harap tidak tertular penyakit AIDS. Hanya bercanda. Saya orang kulit putih! Demikian kata Justine, yang tak sadar leluconnya menyinggung satu benua.

Penulis Tweet Rasis Minta Maaf

Foto: Twitter/JustineSacco

Uniknya, Justine memiliki kedekatan dengan Benua Hitam karena ayahnya berasal dari Afsel. Bahkan, Justine dilahirkan di negara itu! Sebelum posting tweet itu, ia sedang berada di London, Inggris.

Dalam pekerjaannya dulu, Justine adalah head of corporate communication di perusahaan media yang mengoperasikan berbagai situs seperti The Daily Beast, About.com, CollegeHumor, dan Match.com.

Justine tak sadar tweet-nya heboh di internet sebab ia dalam perjalanan pesawat selama 12 jam dan tak bisa mengakses internet. Meski ia bergegas mengambil tindakan, tetap saja ia tak bisa menyelamatkan pekerjaannya.

Ia juga sudah terlanjur jadi bahan kecaman di internet. Meski ada pula yang merasa iba karena Justine tak sempat membela dirinya karena perjalanan di pesawat.

Penulis Tweet Rasis Minta Maaf

Foto: Google