Pesan Natal Paus Fransiskus Foto: AP

Pesan Natal Paus Fransiskus

PinkKorset.com, Vatikan City – Dalam homili Natal pertamanya, pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus, menujukannya untuk orang miskin, anak-anak, dan kaum lemah lainnya.

Paus Fransiskus mengingatkan umatnya mengenai asal-usul Yesus sebagai orang miskin dan bayi yang tergolong kaum lemah, dalam homili pertamanya di St. Peter’s Basilica.

“Anda besar, tapi membuat diri sendiri kecil. Anda kaya, tapi membuatnya jadi miskin. Anda kuat, tapi membuat diri sendiri lemah,” katanya kepada umat yang memadati basilika, Selasa (24/12/2013) waktu setempat.

Paus yang baru menjabat selama sembilan bulan ini mengingatkan bahwa kelahiran Yesus pertama kali tersebar di kalangan kaum penggembala yang ketika itu termasuk orang-orang yang dikucilkan.

Pria yang baru berulang tahun ke-77 pekan lalu ini berjalan di lorong utama basilika yang dimulai 2,5 jam sebelum tengah malam. Tema homilinya malam itu adalah kerendahan hati.

“Ada saat terang dan gelap, juga penuh cahaya dan bayangan. Jika hati kita tertutup, didominasi oleh kesombongan, kelicikan, pencarian diri sendiri, maka kegelapan akan jatuh di atas dan sekeliling kita.”

Paus Fransiskus akan menyampaikan pesan Natalnya pada Rabu (25/12/2013) untuk seluruh dunia dari balkon utama basilika yang menghadap St. Peter’s Square.