Pesta Kartun Akhir Tahun Foto: Google

Pesta Kartun Akhir Tahun

PinkKorset.com, Jakarta –Kartun turut mewarnai jajaran event di Jakarta jelang tutup tahun.

Pameran yang diadakan oleh PAKARTI (Asosiasi Kartunis Indonesia) dan bekerjasama dengan PKJ-Taman Ismail Marzuki (TIM) ini bertajuk ‘Pesta Kartun Akhir Tahun’.

Pameran yang menampilkan karya para kartunis senior hingga junior ini digelar pada 18-29 Desember 2013 di Galeri Cipta III Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Dalam pameran ini dipamerkan banyak hasil karya berupa kartun dan karikatur. Yang menarik, ada bermacam-macam media dan alat-alat lukis yang digunakan.

Tak hanya kertas, tapi juga talenan, kayu, wajan, nampan, mug bahkan hingga lantai dan tangga sepanjang ruangan betebaran kartun-kartun yang dibuat dengan kertas.

Begitupun dengan alat lukis yang digunakan, selain bermacam-macam jenis cat, juga digunakan pensil, spidol dan digital printing.

Ada berbagai tema yang diangkat. Sebagian besar kritik terhadap dunia politik, seperti tokoh-tokoh politik, kasus korupsi dan suap, janji-janji para pemimpin, kasus yang sedang hangat seperti Ratu Atut sampai sindiran kampanye.

Kartun lainnya bertema kehidupan anak-anak dan kehidupan sehari-hari yang tak berhubungan dengan politik.

Pameran yang dilaksanakan di ruangan sebelah XXI TIM ini dibuka gratis untuk umum dari pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam.  Selain pameran kartun, di TIM juga terdapat pameran lukisan karya Taufan S Chandranegara yang bertajuk “The Scene of An Era” yang digelar di Galeri Cipta II.