Polwan di Jakarta Mulai Kenakan Jilbab Foto:batamtv

Polwan di Jakarta Mulai Kenakan Jilbab

PinkKorset.com, Jakarta – Beberapa polisi perempuan (polwan) di Jakarta sudah terlihat mengenakan jilbab pada Senin (25/11/2013).

Perubahan ini terjadi menyusul izin yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Sutarman bagi para polwan untuk mengenakan jilbab saat berdinas.

Menurutnya, mengenakan jilbab me­rupakan hak asasi setiap perem­puan muslim apapun profesinya. “Sa­ya sudah sampaikan kepada ang­gota, kalau misalnya ada anggota yang mau pakai (jil­bab), silakan,” ucapnya.

Meski masih berupa ucapan lisan, pe­r­­­nyataan Kapolri tersebut mem­be­ri­kan angin segar pagi para polwan.Namun, karena Mabes Polri belum menyediakan anggaran untuk pengadaan jilbab, para polwan harus menyediakan jilbab sendiri. Bagaimanapun, Kapolri sebenarnya sudah memiliki 61 model dan warna jilbab untuk berbagai kesatuan Polwan di Kepolisian.

Sebenarnya, penggunaan jilbab sudah banyak dilakukan pol­wan di berbagai daerah, meski terbatas. Na­mun, hingga saat ini peng­gu­naan­nya masih terbatas. Hanya polwan-polwan yang berdinas di Intel dan Reserse yang menge­na­kan jilbab, karena mereka ti­dak terikat aturan seragam di­nas. Dalam tugas sehari-hari me­reka tidak pernah mengenakan seragam cokelat Bhayangkara.