RI Akan Beli Kapal Selam Buatan Korea

PinkKorset.com, Jakarta – Pemerintah berencana membeli tiga kapal selam buatan Korea guna memperkuat pertahanan dan industri strategis dalam negeri.

Menteri Perindustrian M.S Hidayat mengatakan, pembelian kapal ini merupakan program hingga 2025. Namun, pemesanan kapal sudah dilakukan tahun ini. Kapal selam pertama akan dibuat di Korea dengan bantuan tenaga ahli atau insinyur Indonesia.

“Kita mengorder tiga kapal selam Korea. Yang pertama dibuat di Korea tapi tenaga ahli Indonesia diikutkan disana. Ahli insinyur kita. Jadi sekalian belajar disana,” katanya di Jakarta, Kamis (28/11/2013).

Hidayat mengatakan, untuk kapal selam kedua dan ketiga, sebagian prosesnya akan dibuat Indonesia, sesuai arahan dari Korea. “Anak negeri akan ikut membantu membuat bagian-bagian tertentu sebagai program memajukan industri strategis dalam negeri,”ujarnya.

Kendati demikian, Hidayat tidak bisa merinci berapa besar uang yang harus dikeluarkan untuk mewujudkan kapal selam tersebut.

Untuk informasi, pada 20 Desember 2011 lalu, Kementrian Pertahanan RI dan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co Ltd (DSME) Korea Selatan telah menandatangani kontrak untuk membangun tiga kapal selam untuk Angkatan Laut Indonesia, senilai US$ 1,1 miliar.

Pesanan ini untuk membuat kapal selam penyerang Chang Bogo tipe 209, dengan bobot 1.400 ton. Kapal selam ini diproduksi oleh DSME bekerjasama dengan Howaldtswerke-Deutsche Weft (HDW) dari Jerman. Sedangkan pembuatan dua kapal selam lainnya,  bekerja sama dengan perusahaan galangan kapal milik pemerintah RI, PT PAL.