Rosenthal, Pembuat Perhiasan yang Jarang Terdengar Foto:dailymail

Rosenthal, Pembuat Perhiasan yang Jarang Terdengar

PinkKorset.com – Bicara perhiasan, anda mungkin mengenal nama Cartier atau Van Cleef & Arpels. Pernahkah mendengar Joel A. Rosenthal?

Meski tak setenar dua nama yang lebih mendunia itu, The Metropolitan Museum of Art yang berada di Paris, Prancis, menilai Rosenthal sebagai salah satu pengrajin permata paling berpengaruh di dunia.

Pengrajin asal Amerika ini memang tertutup. Ia tak pernah meminjamkan hasil karyanya untuk tampil di majalah maupun bertengger di tubuh para selebritas saat red carpet. Panggung lelang adalah tempatnya berjaya.

Desainer berusia 70 tahun yang besar di Bronx, New York ini memiliki tingkat keahlian tinggi. Terutama teknik pavé. Yakni menyusun berbagai permata yang ukurannya kecil untuk membuat satu bentuk besar seperti bentuk bebatuan yang bergelombang.

Rosenthal kemudian mengembangkan metode ini untuk menciptakan obyek multidimensi. Layaknya pelukis, ia memadukan warna dan menciptakan benda-benda. Biasanya bunga atau kupu-kupu.

Perhiasan yang dibuat Rosenthal sangat esklusif dan pernah dipamerkan sekali saja di London, Inggris. Per tahun, ia hanya memproduksi 100-120 perhiasan yang masing-masing berbeda. Rosenthal tak mengejar keuntungan komersial.

Rosenthal dijuluki ‘The Faberge of Our Time’ oleh desainer Diane von Furstenberg dan ‘The Single Greatest Jewelry of Our Time’ oleh Ellen Barkin, mantan pelanggannya yang membeli lebih dari selusin perhiasan ketika menikah dengan miliuner Ron Perelman.

Begitu populernya karya Rosenthal, jika perhiasan lain jatuh harganya setelah barang aslinya dibeli, perhiasan Rosenthal malah naik berlipat ganda setelah dilelang. Gwyneth Paltrow dan Elle MacPherson adalah selebritas penggemar Rosenthal.

Sayang, anda tak bisa sembarangan membeli perhiasan Rosenthal. Ia bawel. Rosenthal akan menentukan siapa yang boleh membeli. Bahkan, ia tak segan menolak jika seorang calon pembeli dianggap tak cocok dengan karyanya.