Rupiah Anjlok, Pemerintah Tak Peduli? Foto: Antara

Rupiah Anjlok, Pemerintah Tak Peduli?

PinkKorset.com, Jakarta – Nilai tukar rupiah terus anjlok terhadap dolar AS. Inikah indikasi ketidakpedulian pemerintah RI?

Ketua Umum Pedagang Valas Indonesia, Muhammad Idrus mengatakan, pemerintah seolah tutup mata terhadap anjloknya nilai tukar rupiah serta dampak krisis yang melanda Asia, seperti India, China dan Thailand.

“Pemerintah tidak melakukan tindakan antisipasi dengan menelurkan sebuah kebijakan strategis yang dapat mencegah tersebarnya krisis moneter yang menerpa negeri ini,”katanya di Jakarta, Selasa (17/12/2013).

Akibatnya, lanjut Idrus, rupiah terpapar dan mengalami penyakit kronis. Nilai tukar rupiah terus anjlok hingga lebih dari 1000 poin, bahkan menembus level Rp11.000 per dolar AS. Hal ini diperparah dengan terjerembabnya IHSG di pasar modal. “Situasi moneter seperti itu membuat sejumlah penguasa limbung. Mereka khawatir jika situasi seperti itu berlanjut,”ujarnya.

Menurutnya, paket ekonomi Menko Perekonomian yang diharapkan mampu menahan bahkan mendongkrak nilai rupiah, kurang berhasil. “Selain terlambat, kebijakan tersebut tidak menyelesaikan masalah, akibatnya rupiah pun terus terjun bebas,” katanya.

Idrus pun menilai, salah satu mengatasi masalah pelemahan rupiah adalah dengan memaknai arti penting rupiah. Terutama mengingat bahwa rupiah lahir lewat sebuah proses perjuangan para The Founding Fathers, yang  ekuat tenaga menyingkirkan gulden dan yen di negeri ini.

“Mereka ingin melihat Rupiah dapat berkibar dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri,”ujarnya.