Santap Sushi Cara Sehat Foto: tripadvisor

Santap Sushi Cara Sehat

PinkKorset.com, Jakarta –  Sushi memang sedap disantap. Namun, tahukah Anda cara menikmati makanan Jepang ini dengan cara yang sehat?

Sushi  adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.

Saat ini, restoran sushi sudah banyak bertebaran di kota-kota besar Indonesia. Tidak hanya yang berkelas dan mewah, namun juga yang berkonsep warung tenda dan murah meriah. Bahkan, kini ada sushi online dengan layanan delivery.

Santap Sushi Cara Sehat

Foto: unt19

Untuk menyantap sushi namun tidak menanggalkan kebiasaan hidup sehat Anda, simak beberapa hal berikut.

1.  Beberapa seafood mengandung merkuri tinggi
Cari tahu jenis sushi yang mengandung merkuri sebelum anda pergi ke restoran sushi. Salmon, udang, squid, scallop, dan kepiting adalah seafood yang tidak mengandung merkuri tingkat tinggi. Sedangkan tuna, sea bass, swordfish dan mackerel termasuk makanan laut yang mengandung merkuri tingkat tinggi.

2.  Tuna sashimi mengandung paling banyak methyl mercury
Menurut penelitian, tuna sashimi adalah jenis sushi yang paling banyak mengandung methylmercury, racun aktif yang secara biologis sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Racun ini dapat menyebabkan kegagalan fungsi otak, kegelisahan yang besar, kerusakan liver pada kelahiran, dan kerusakan ginjal. Mengingat risikonya yang besar, Anda disarankan untuk tidak sering mengonsumsi tuna sashimi dan lebih memilih salmon.

3.  Diet kalori? Pilih sashimi!
Jika anda sedang menjaga kalori yang masuk ke dalam tubuh, sebaiknya memilih sashimi. Karena sashimi hanya terdiri dari ikan dan nasi, sehingga mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh anda.

4.  Neta sayur atau buah
Bila Anda tetap ingin bergaya hidup sehat saat mengkonsumsi sushi, pilihlah sushi dengan neta sayur atau buah.

5.  Wasabi
Banyak yang belum tahu manfaat wasabi. Bumbu pedas ini berfungsi mencegah penyakit yang ada di dalam perut atau pencernaan. Oleh karena itu, jangan takut memakai banyak wasabi

6.  Membuat sushi sendiri
Bila Anda membuat sushi sendiri, nasi sushi bisa diganti dengan nasi merah, yang mengandung lebih banyak nutrisi. Selain itu, Anda juga dapat memilih jenis seafood favorit dan pastinya lebih sehat, karena Anda membeli bahan-bahan segar.