Sepatu Dapat Bocorkan Kepribadian Anda Christina Aguilera shoe closet. Foto: redsole

Sepatu Dapat Bocorkan Kepribadian Anda

PinkKorset.com, Kansas – Sebuah studi menunjukkan bahwa dari sepasang sepatu, data tentang pemilik dapat diprediksi secara akurat hampir 90%. Benarkah?

Christian Crandall, profesor psikologi sosial di University of Kansas dan penulis utama penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Research in Personality mengatakan, tidak hanya wajah, kepala dan tata rambut yang bisa bercerita banyak tentang seseorang, tapi juga sepatu.

Baik mewah ataupun fungsional, sepatu adalah bagian dari  penampilan.”Pakaian adalah kostum dan sepatu adalah bagian darinya. Anda tidak pernah berpakaian lebih dari sepatu Anda.”

Sepatu memberikan informasi sedikit tapi berguna tentang pemakainya. Selain melayani tujuan praktis, sepatu juga berfungsi sebagai isyarat nonverbal dengan pesan-pesan simbolis . Orang cenderung memperhatikan sepatu yang mereka dan orang lain pakai.

Medical Daily mencatat bahwa ciri-ciri kepribadian yang terdeteksi dalam penelitian ini meliputi usia umum, jenis kelamin, pendapatan dan kepribadian lainnya, termasuk kestabilan emosi seseorang.

Pemimpin peneliti Omri Gillath mengatakan penilaian ini didasarkan pada gaya, biaya, warna dan kondisi sepatu seseorang. Dalam studi tersebut, 63 mahasiswa University of Kansas melihat gambar yang menunjukkan 208 pasang sepatu yang dikenakan peserta studi. Relawan dalam penelitian itu difoto dengan sepatu yang paling sering dipakai dan mengisi kuesioner kepribadian.

Beberapa hasil yang muncul adalah orang dengan pendapatan lebih tinggi, kerap memakai sepatu mahal, dan alas kaki cemerlang itu biasanya dikenakan oleh ekstrovert .

Namun, ada beberapa hasil lebih spesifik yang menarik, misalnya sepatu ‘praktis dan fungsional’ umumnya dipakai oleh orang yang ‘menyenangkan’, sedangkan ankle boots lebih dikaitkan dengan kepribadian yang ‘agresif’.

Yang unik adalah hasil yang menunjukkan bahwa mereka yang mengenakan sepatu ‘yang tampak tidak nyaman,’ justru cenderung memiliki kepribadian yang ‘tenang’.

Sepatu memiliki berbagai macam gaya, merek, penampilan dan fungsi. Hal ini menjelaskan mengapa sepatu dapat membawa informasi berbeda untuk setiap individu.

Jika Anda memiliki beberapa pasang sepatu baru atau mengurus sepatu secara khusus, Anda mungkin mengalami “attachment anxiety,” yakni menghabiskan banyak waktu mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang penampilan Anda.

Para peneliti mencatat bahwa beberapa orang akan memilih gaya sepatu untuk menutupi kepribadian mereka yang sebenarnya. Namun, para relawan juga mungkin tidak menyadari bahwa pilihan alas kaki mereka mengungkapkan wawasan lebih jauh terhadap kepribadian mereka.