Stroberi Kaya Manfaat Baik Foto: Google

Stroberi Kaya Manfaat Baik

PinkKorset.com, Jakarta – Buah eksotis ini digemari sebagian besar orang. Sadarkah anda manfaat baik stroberi amat banyak?

Sudah lama stroberi dikenal sebagai buah yang kaya manfaat. Buah berwarna merah segar dengan bintik-bintik hitam yang merupakan bijinya ini memiliki rasa asam manis yang menyegarkan.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, stroberi juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Berikut beberapa fakta mengenai stroberi yang kemungkinan belum anda ketahui.

1. Stroberi adalah satu-satunya buah yang memiliki biji di luar dagingnya. Di dalam satu buah stroberi terdapat kurang lebih 200 biji.

2. Stroberi sering dianggap bukan bagian dari jenis berry seperti blueberry dan anggur, yang disebabkan letak biji di luar dagingnya sementara berry lain ‘kompak’ di dalam.

3. Stroberi dianggap keluarga dari jenis mawar, karena tiap wangi buahnya yang manis sama seperti rasanya.

4. Stroberi adalah jenis tanaman yang bersifat abadi karena selalu bertambah banyak jumlahnya setiap tahun setelah satu bibit ditanam.

5. Rata-rata orang Amerika menghabiskan tiga setengah pon stroberi per tahun. Bahkan, sebagian dari anak-anak usia sembilan tahun memilih stroberi sebagai buah favoritnya.

6. Di Belgia, terdapat museum stroberi. Anda bisa membeli apa saja yang berbahan dasar stroberi. Mulai dari selai hingga wine.

7. Sebelum pendatang Eropa tiba, pribumi Amerika gemar memakan stroberi, baik yang segar atau hasil olahan.

8. Orang-orang Romawi jaman dahulu menyakini stroberi memiliki manfaat besar untuk dunia pengobatan, seperti demam, pernafasan buruk hingga batuk akut.

9. Di Prancis, stroberi dianggap aphrodiac atau pembangkit nafsu birahi. Sebab itulah, stroberi disajikan kepada pengantin baru dalam bentuk sup untuk sarapan saat upacara tradisional.

10. Stroberi dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit hati dan kanker karena kandungan kalori rendah dan kaya vitamin C, B6, K, serat, asam folik, potassium and asam amino.

11. Stroberi mengandung banyak nitrate. Ini akan membantu darah dan oksigen mengalir lancar ke otot. Penelitian menyebutkan, mengkonsumsi stroberi sebelum berolahraga akan menyebabkan stamina tahan lebih lama dan membantu pembakaran kalori.

12. Stroberi bisa memabukkan, terutama yang masih hijau atau belum matang. Jika sudah terlalu matang, stroberi sebaiknya dibuat menjadi selai.