Superhero Muslimah Amerika, Kamala Khan

PinkKorset.com, New York – Penerbit komik terkenal Marvel Comics memperkenalkan karakter superhero terbaru yakni seorang remaja muslimah bernama Kamala Khan.

Kamala Khan digambarkan sebagai remaja sekolah menengah atas (SMA) berusia 16 tahun yang tinggal di Kota Jersey. Ia dan keluarganya imigran Pakistan, penganut Islam.

Kamala adalah gadis yang lincah, penuh semangat, dan hidup di tengah-tengah keluarga yang sangat konservatif. Kakaknya  digambarkan sangat konservatif. Ibunya paranoid, berpikir bahwa Kamala akan hamil jika menyentuh anak laki-laki. Sedangkan ayahnya sangat ingin ia berkonsentrasi pada studinya dan menjadi dokter.

Di sisi lain, ia punya kekuatan superhero yang mengagumkan, yaitu kemampuan untuk mengubah bentuk tubuh.

Ilustrator Miss Marvel terbaru ini adalah G Willow Wilson, perempuan mualaf yang juga terlibat dalam pembuatan komik Superman. Willow mengaku terinspirasi kisah rekan kerjanya di Marvel yang berdarah Pakistan-Amerika, Sana Amanat.

“Saya menceritakan kisah lucu masa kecil saya yang tumbuh sebagai muslim-Amerika. Lantas itu membuat Wilson tertarik membuat ceritanya,” ujar Sana, yang menjadi editor bersama Steve Wacker dalam pembuatan Kamala Khan kepada NYTimes.com, Kamis (7/11/2013).

Meski muslimah, Kamala tidak banyak mengadopsi hukum Islam seperti penggunaan hijab. Namun Kamala juga tidak mengenakan busana super ketat seperti pendahulu superhero Marvel.

Ia justru tampil dengan rambut tergerai, mengenakan terusan pendek warna biru dengan gambar petir, serta legging dan inner warna merah.  Untuk penyamaran, Kamala mengenakan topeng. Sementara untuk kesehariannya, ia mengenakan kaos hitam dengan gambar petir dilengkapi syal motif warna merah.

Menurut Sana Amanat, Kamala Khan adalah pengalaman universal semua remaja Amerika, yang merasa terisolasi dan menemukan  diri mereka melalui superhero Muslim-Amerika. Karakter ini tidak hanya tentang melawan orang-orang jahat, tetapi juga merefleksikan perjuangan tumbuh di Amerika sebagai remaja muslim perempuan.