Tips Hindari Barang ‘Branded’ Palsu

PinkKorset.com – Curiga tas branded yang anda beli palsu, tapi tidak tahu cara membedakannya? Simak tips berikut.

Memiliki barang bermerek merupakan hal yang prestisius, hampir semua orang sepakat mengenai hal ini. Sebab itulah, mereka banyak memburunya. Hal ini berujung pada pemalsuan yang banyak terjadi.

Siapa yang tak mau barang berkualitas sama, dengan brand jiplakan tapi harganya lebih murah? Sadari bahwa hal ini merupakan pelanggaran hukum dan sebaiknya anda hindari. Berikut tips membedakan yang asli dan palsu.

Kenali Merek yang Sering Dipalsukan

Tips Hindari Barang ‘Branded’ Palsu

Tips Hindari Barang ‘Branded’ Palsu Semakin terkenal, makin banyak dipalsukan. Misalnya sepatu milik Christian Louboutin paling banyak dipalsukan. Berbagai merek tas seperti Chanel, Hermès, dan Louis Vuitton juga jadi korbannya.

Merek syal yang paling banyak beredar palsunya adalah Alexander McQueen dan Hermès. Sedangkan gaun, milik Herve Leger banyak ditemui tembakannya di pasaran. Masih banyak lagi berbagai merek lainnya.

Ada ‘Tanda’ Pada Barang Palsu

Tips Hindari Barang ‘Branded’ Palsu

Foto: stepbystep

Menurut penjual online yang menjajakan barang bermerek asli, Laura Fluhr dan Tammy Fluhr-Gates, tanda-tanda itu seringkali amat jelas. “Tak jarang, sesuatu yang amat mencolok,” ujar pemilik toko bernama Michael ini.

Keduanya memberi tips. Jika perangkat keras berbahan logam terasa kasar, berarti memiliki kualitas rendah. Bahan kulit yang memiliki kualitas rendah juga tidak akan terasa kenyal bila dirasakan.

Kemudian, lanjut mereka, perhatikan jahitan di tas atau barang-barang brand tersebut. Jika tidak rapi bentuk jahitannya bisa jadi itu barang berkualitas rendah. Hitung berapa jumlah jahitan di bagian barang brand terkenal tersebut.

Lalu, nomor seri unik. Beberapa merek terkenal akan memasang nomor seri yang unik agar tidak mudah dipalsukan. Misalnya, Bottega Veneta. Merek ini menyisipkan satu tanda di tengah nomor seri.

Mereka juga menyarankan anda mencari letak blind-stamp atau atau semacam cap yang menjadi tanda di mana dan kapan barang tersebut dibuat. Merek-merek terkenal seperti Hermès memilikinya.

Perhatikan Penjual yang Bukan Outlet Resmi

Tips Hindari Barang ‘Branded’ Palsu “Anda sebaiknya membeli barang tersebut dari orang yang benar-benar mengerti dan memiliki garansi 100% apapun merek yang mereka jual,” ujar Fluhr-Gates. Berikut tips untuk belanja reseller barang-barang bermerek.

Jika anda berbelanja melalui toko online seperti eBay, anda bisa melihat profil penjual. Perhatikan feedback yang mereka berikan terhadap calon pembeli, berapa lama mereka menjual barang, serta testimoni para pembeli.

Jika sebelum membeli anda melihat contoh barang tersebut melalui foto, cobalah minta foto-foto lain. Foto bisa saja menipu dan penjual memanfaatkan foto-foto yang bagus, entah asli atau tidak, untuk menarik perhatian pembeli.

Lalu jika penjual memiliki banyak stock barang dari satu model dan merek, bisa jadi yang dijualnya bukanlah barang branded asli.