Tips Mudah Ajarkan Anak Kelola Uang Foto: berbagai sumber

Tips Mudah Ajarkan Anak Kelola Uang

PinkKorset.com, Jakarta – Orangtua selalu khawatir anak-anaknya tidak dapat mengelola uang dengan baik.  Padahal, mengajarkan sang buah hati hal-hal terkait uang, sebenarnya tidaklah sulit.

Anda sebaiknya mengajarkan anak tentang konsep menabung sejak dini. Pada usia dua tahun, Anda bisa perkenalkan bentuk celengan dan koin. Beri ia koin dan ajak bermain memasukkan koin tersebut ke lubang celengan.

Meskipun ia belum kenal kata menabung, namun ia sudah tahu konsep memasukkan koin dalam celengan. Sedangkan setelah anak lebih besar, Anda bisa mulai memberinya kesempatan untuk mengatur sejumlah uang.

Berikan sejumlah uang saku :

Untuk mengajarkan anak Anda tentang uang, berikan sejumlah uang untuk dikelola. Pastikan uang tersebut diberikan sebagai penghargaan. Bisa karena mendapat nilai bagus, telah melakukan tugas dengan baik, atau karena patuh. Jangan memberi uang karena mereka minta.

Hal ini tidak hanya mengajarkan anak tentang pentingnya cara mendapatkan uang, tapi mereka juga lebih berhati-hati terhadap uang mereka, tentang bagaimana dan apa yang mereka belanjakan.

Ajarkan tentang penganggaran :

Dalam mengatur anggaran, gunakan kesempatan untuk mengajar anak-anak beberapa hal penting. Jelaskan tentang penganggaran dan mengapa hal itu penting. Bantu mereka mengalokasikan sejumlah uang saku mereka untuk biaya sehari-hari dan sejumlah tertentu yang harus disimpan. Beritahu juga mengapa belanja berlebih, pinjaman dan utang adalah kebiasaan yang harus dihindari.

Belajar  berkata tidak :

Jangan kabulkan semua tuntutan anak. Anda tidak perlu khawatir dinilai sebagai orangtua yang buruk, karena mereka suatu hari nanti akan berterima kasih untuk kebiasaan baik yang Anda terapkan ini.

Jadi, ketika anak Anda meminta mainan, gadget, pakaian, dan lainnya yang tidak ada dalam anggaran Anda, beritahu mereka. Atau jika Anda baru saja mengajak mereka keluar untuk belanja, sebaiknya tahan diri untuk tidak membeli barang baru selama beberapa bulan ke depan.

Ajarkan pelajaran berharga tiap hari :

Mengeluarkan uang adalah aktivitas sehari-hari. Manfaatkan kegiatan ini sebagai kesempatan untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya uang. Sebagai contoh, Anda dapat mengajarkan mereka membuat pilihan cerdas saat berbelanja atau tentang kebiasaan baik menabung sedikit uang saku tiap hari.

Memberi contoh:

Sangat penting untuk mempraktekkan apa yang Anda ajarkan ke anak.  Bahkan, melihat Anda melakukannya, adalah salah satu pelajaran terbaik untuk mereka. Ingat, anak-anak belajar banyak dengan mengamati orang tua dan orang dewasa lainnya. Hati-hati dan sadari tindakan Anda di supermarket, mal , bank, dan lainnya, terutama ketika anak-anak sekitar .