Topan Haiyan Mendarat di Vietnam Pagi Ini Situasi di pantai kota Danang, Vietnam pada Minggu, 10 Nov 2013. Topan Haiyan mendarat di Vietnam Senin pagi ini. foto: AP

Topan Haiyan Mendarat di Vietnam Pagi Ini

PinkKorset.com, Hanoi – Topan Haiyan telah mendarat di Vietnam Senin (11/11/2013) pagi ini.

The US Joint Typhoon Warning Center (JTWC) mengatakan dalam pernyataan terbarunya, badai yang melemah signifikan sejak melalui Filipina selama akhir pekan kemarin, telah mendarat sekitar 160km di tenggara ibukota Hanoi, dengan kecepatan angin 120km per jam.

Lebih dari 600 ribu orang dievakuasi pada akhir pekan, sejak ancaman badai Haiyan di Vietnam. Warga Hanoi bersiap untuk hujan lebat dan banjir, sementara puluhan ribu orang di wilayah pesisir diperintahkan untuk berlindung .

“Kami telah mengevakuasi lebih dari 174 ribu rumah tangga , yang setara dengan lebih dari 600 ribu orang, ” kata sebuah laporan resmi departemen pengawasan badai dan banjir Vietnam.

Banyak warga ibukota memburu pada makanan dan air sebelum badai menghantam. Semua sekolah di ibukota diperintahkan libur pada Senin dan polisi tambahan dikerahkan untuk mengarahkan lalu lintas di daerah rawan banjir.

Pada Minggu siang, topan telah menyapu seluruh pulau Con Co Vietnam Con , 30km di lepas pantai provinsi Quang Tri. Badai mengubah arah pada Minggu, mendorong evakuasi massal lebih lanjut dari sekitar 52 ribu orang di provinsi-provinsi utara pantai.

Salah satu topan terkuat yang telah menghantam Filipina, telah melemah di atas Laut Cina Selatan. Badai itu diperkirakan akan terus bergerak ke utara timur laut, sebelum berbalik dan menghilang dengan cepat.

Di Vietnam , setidaknya lima orang dilaporkan meninggal, ketika sedang melakukan perisapan menghindari dari topan, kata situs pemerintah Vietnam .

Vietnam tengah baru-baru ini dilanda dua topan, yakni Wutip dan Nari, yang membanjiri jalan-jalan, merusak tanggul laut dan merobek atap ratusan ribu rumah.