Tujuh Cara Atasi Stress [yahoo]

Tujuh Cara Atasi Stress

PinkKorset.com – Jangan biarkan stress menguasai mood dan merusak hari anda. Dan siapa bilang mengatasi stress itu sulit?

Jika anda mulai merasa terganggu dengan stress dan membalik mood dari baik ke buruk, tenangkan diri anda. Berikut cara mudah untuk mengatasinya.

Bernapas Dalam

Bernapas dalam-dalam membantu anda mengurangi hormon stress, menenangkan denyut jantung, serta menurunkan tekanan darah.

Duduklah dengan tenang, letakkan satu tangan di perut dan lainnya di dada. Tarik napas perlahan melalui hidung dan hirup udaranya dalam-dalam hingga memenuhi paru-paru. Tahan napas selama beberapa detik, kemudian hembuskan melalui mulut hingga anda merasa seluruh udara keluar dari paru-paru. Ulangi langkah ini beberapa kali.

Meditasi

Praktik dari jaman kuno ini masih mumpuni untuk membuat pikiran dan tubuh anda tenang.

Duduklah dengan tenang dan nyaman selama beberapa menit. Saat melakukannya, fokuskan pikiran untuk bernapas, pikirkan sebuah obyek, dan kata atau frase spesifik seperti ketika seseorang merapal mantra. Begitu ada pikiran yang mengganggu, singkirkan dan kembali pada fokus anda.

Latihan atau Olah Raga

Tingkatkan denyut jantung anda dengan latihan bersifat aerobik seperti jalan, bersepeda atau berenang. Cukup 20 menit sehari sudah bisa menenangkan pikiran dan mengurangi hormon stress anda.

Latihan atau berolah raga bisa meningkatkan endorfin, zat kimia di otak yang memperbaiki mood anda. Bahkan latihan ringan bisa menenangkan anda dan tentunya, olah raga yang lebih keras bisa memberikan dampak positif yang lebih baik bagi kesehatan.

Membayangkan Sesuatu Tanpa Berlebihan

Teknik ini menghasilkan keuntungan yang sama seperti meditasi. Tekniknya pun seperti ketika anda sedang meditasi. Namun ketika duduk santai dan nyaman, bayangkan sesuatu. Misalnya anda berjalan di tepi pantai. Rasakan pemandangan, suara, dan hembusan udara laut di hidung anda. Lakukan hingga santai dan kembalilah ke dunia nyata.

Makan Cukup

Makanan seimbang mampu menurunkan hormon stress. Makanan kaya vitamin C seperti buah jeruk dan anggur atau omega-3 dalam salmon dan kacang-kacangan, bisa menenangkan anda.

Jika suka yang manis-manis, dark chocolate juga memiliki efek yang menenangkan. Intinya, diet seimbang membuat tubuh sehat dan anda bisa mengatasi stress dengan lebih baik.

Bersikap Positif dengan Diri Sendiri

Mengkritik diri sendiri juga bisa jadi sumber stress. Lakukan sebaliknya. Bantulah diri sendiri rileks dengan belajar berbicara positif. Ganti pikiran negatif dengan yang positif.

Katakan pada diri anda bahwa I think I can ketimbang I Know I Can’t.

Tidur Teratur

Tidur malam yang baik membantu menyingkirkan stress esok harinya. Usahakan tidur setidaknya tujuh jam semalam. Jika sulit melakukannya, belajarnya disiplin.

Misal, tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, meski akhir pekan. Hindari kafein setelah pukul tiga sore. Jika anda sempat tidur siang, lakukan lebih awal dan jangan terlalu sore. Olah raga teratur, agar tidur lebih berkualitas.