Upah Buruh Lebih Murah, Vietnam Diburu Foto: berbagai sumber

Upah Buruh Lebih Murah, Vietnam Diburu

PinkKorset.com, Singapura – Beberapa pabrikan besar dunia memindahkan pabrikan mereka dari China ke negara di Asia Tenggara, yakni Vietnam.

Hal ini untuk menjaga marjin laba dan upah buruh murah, menyusul melambatnya penjualan produknya. Vietnam menjadi kawasan tujuan investasi yang menarik, karena memiliki tingkat upah sepertiga dari China.

“Tren pemindahan pabrik ke Vietnam oleh perusahaan dari China sepertinya akan meningkat dalam dua hingga tiga tahun ke depan karena beban buruh yang meningkat di China,” kata Lee Jung Soon, analis dari Korea Trade Investment.

Intel saja pertama kali membuka perakitan dan pabrik pengetesan di kota Ho Chi Minh pada 2010 lalu.

Demikian juga Nokia dan LG Electronic yang juga membangun komplek seluas 400 ribu meter untuk pabrik perakitan TV dan peralatan lain di Vietnam. “Negara ini memiliki situasi politik yang stabil dan masih baru, sehingga tenaga kerjanya mudah diarahkan,” kata LG dalam keterangannya

Yang teranyar adalah Samsung Electronics, yang akan memindahkan pabrik mereka ke Vietnam. Pabrik baru senilai US$2 miliar ini baru akan berproduksi pada 2015. Vietnam akan membuat lebih dari 40% jumlah ponsel Samsung untuk bisa meraih laba operasional lebih besar.