Bisnis Kepiting Hidup dengan Vending Machine Foto: AP

Bisnis Kepiting Hidup dengan Vending Machine

PinkKorset.com, Nanjing – Keinginan membuat masakan seafood kadang tertunda karena panjangnya antrian di supermarket.  Sedangkan pasar bukan pilihan ideal untuk para perempuan pekerja kantoran.

Namun, hal tersebut kini sudah mulai teratasi. Liu, seorang pengusaha di China, telah menciptakan sebuah mesin penjual otomatis (vending machine) yang menjual kepiting hidup.

Mesin penjual otomatis itu telah dipasang di berbagai daerah Hangzhou, bagian timur provinsi Zhejiang China. Harga kepiting ini dibanderol dari US$ 2-US$ 9, tergantung ukuran. Harga ini menjadikan kepiting ini cukup murah ketimbang beli di supermarket. Mesin ini juga meyediakan jahe dan cuka bagi pembeli yang  membutuhkan bumbu.

Kelembaban dan suhu di mesin penjual ini telah disesuaikan sekitar 41 derajat fahrenheit, yang membuat kepiting-kepiting ini mengantuk namun tetap hidup dan segar.

Tapi begitu makanan laut ini keluar, suhu akan kembali normal dan kepiting mereka bisa bergerak. Namun, jangan khawatir, kepiting ini telah dikemas sedemikian rupa, sehingga selain tetap bersih dan ekonomis, kepiting ini tidak mudah bergerak.

Para pembeli mengaku sangat terbantu dan nyaman dengan adanya mesin penjual otomatis ini. Selain merasa nyaman, mereka pun dapat menghemat waktu belanja.

Sejak diperkenalkan pada awal Oktober 2013 kemarin, setiap harinya terjual sekitar 200 kepiting dalam mesin penjual otomatis ini.

Liu berencana akan ekspansi vending machine kepiting hidup ini ke Shanghai dan Beijing tahun depan.