Vietnam Potensi Wisata Islam di Asia Tenggara Masjid Ho Chi Minh Foto: nanyangtoursblog

Vietnam Potensi Wisata Islam di Asia Tenggara

PinkKorset.com, Bandung – Vietnam membayangi Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata Muslim di Asia Tenggara, karena negara itu mulai mengembangkan industri pariwisata dan kerajinan pakaian Muslim.

“Saat ini wisatawan di Ho Chi Minh sudah mulai ditawari sejumlah produk serupa yang ditawarkan di Bandung, khususnya bagi wisatawan Mulsim. Mereka sudah pandai membuat mukena,” kata Mohammad Shafie Obet, Country Manager Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) di Kuala Lumpur Malaysia, ketika berkunjung ke Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jabar di Bandung, Selasa (24/12/2013).

Obet menyebutkan kuliner berlabel halal di Vietnam juga telah menjamur yang mengindikasikan Vietnamn menjadi ancaman yang akan merebut hati turis Muslim, khususnya dari Malaysia. Jabar dan Bandung menurut Obet harus berbenah dan terus meningkatkan pelayanan, terutama mempersiapkan tujuan wisata di luar Bandung.

Garut dan Tasikmalaya sudah mulai dikenal di Malaysia, tetapi masih jarang “tour operator” yang membuat paket mengaitkannya dengan Garut dan Tasik sebagai salah satu paket wisata. “Paket-paket wisata yang baru dan di luar Bandung harus segera disiapkan,” katanya.

Menurut Obet, saat ini permintaan dari segmen pasar China asal Malaysia masih kecil sehingga perlu menjadi perhatian, karena segmen China-Malaysia cukup besar. [ant]