Wisata Apa Liburan Kali Ini?

PinkKorset.com, Jakarta – Liburan akhir tahun, adalah momen istimewa berkumpul bersama keluarga. Ini pula saat yang tepat untuk  menyegarkan tubuh dan pikiran yang penat.

Sebelum memutuskan liburan ke mana kali ini, ada baiknya Anda mempertimbangkan, wisata apa yang ingin Anda lakukan. Hal ini penting agar persiapan yang Anda lakukan dapat lebih efisien. Seperti menghemat barang bawaan, dapat mengeksplorasi kawasan lebih maksimal dan tentu meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

Bukan tidak mungkin, Anda sekeluarga wisata pantai, tapi tabir surya atau ban renang untuk anak tidak terbawa, karena koper sudah tidak muat. Alhasil, acara liburan tidak maksimal karena Anda takut kulit Anda rusak dan khawatir saat anak Anda bermain di pantai.

Wisata ada berbagai macam jenisnya, seperti wisata kuliner, wisata alam, wisata bahari, wisata religi, wisata sejarah dan lainnya.

 

Wisata bahari

Wisata bahari merupakan jenis wisata yang terkait dengan air, baik yang alami maupun buatan. Bila Anda ingin menikmati indahnya pantai, Anda bisa mengunjungi Pantai Kuta, Pantai Senggigi, Pantai Pangandaran dan Pantai Parangtritis. Syarat pantai yang baik untuk dijadikan sebagai objek wisata adalah pantai yang landai dengan ombak yang tak terlalu tinggi, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran akan adanya bahaya ombak yang tinggi jika anak anak sedang bermain ombak.

Sedangkan bila anda ingin selancar dan menyelam, carilah pantai yang memiliki ombak cukup tinggi. Anda bisa ke Bali, tepatnya ke Pantai Padang-padang, Pantai Kuta, Pantai Balangan dan Pantai Uluwatu. Kepulauan Mentawai di lepas pantai barat Sumatra juga menjadi favorit peselancar karena kaya gelombang. Ada empat pulau utama di sana, yakni Siberut, Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Selatan.

Sementara Anjungan Pantai Senggigi dan Pantai Alang-alang, Lombok Barat, menjadi pilihan, selain karena pasir putihnya, tempat ini disukai untuk berselancar. Adapun untuk menyelam, Anda bisa memilih Nusa Penida, Bali, Bunaken, Sulawesi Utara, Selat Lembeh, Sulawesi Utara, Pulau Derawan, Kalimantan Selatan dan Raja Ampat di Papua.

Obyek wisata bahari juga termasuk wahana yang terkait dengan air, seperti arung jeram, taman air atau water park, air terjun buatan, speed boat, kano dan kolam renang. Beberapa tempat yang menjadi favorit adalah WaterBOM, Air Terjun Bidadari, wisata Bahari Lamongan, Wisata Pemandian Air Panas Ciwalini, Bandung Selatan dan Wisata Rumah Air Bogor.

Wisata Sejarah

Wisata sejarah merupakan obyek wisata yang menyajikan berbagai peninggalan sejarah, seperti museum, candi, kraton, masjid, taman makam pahlawan, monumen, dan lainnya. Wisata sejarah ini sangat  bagus untuk menambah pengetahuan dan kecintaan tentang Indonesia.

Saat liburan, sebagian tempat wisata di Indonesia biasanya ramai. Untuk mengantisipasinya, coba cek dulu jadwal operasionalnya. Anda bisa juga mencari tahu larangan di tempat wisata tersebut. Misalkan saja ke Kraton jangan pakai tanktop, atau kalau ke candi, sebaiknya mengenakan bawahan yang paha.

Anda bisa juga melakukan reservasi tempat dan pemandu wisata. Tentu untuk menjamin Anda memperoleh pengetahuan yang maksimal di tempat yang Anda kunjungi.

Wisata Alam

Wisata untuk menikmati keindahan alam secara alami, biasanya bertujuan untuk menghilangkan kepenatan fisik dan pikiran menghadapi rutinitas kantor. Anda bisa melakukan hiking, trekking, paralayang, atau sekadar berlibur ke kebun raya, atau daerah yang jauh dari kesibukan kota untuk menikmati keheningan suasana dan kemurnian alamnya. Beberapa tempat yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk wisata alam adalah Kebun Raya Bogor, Goa Sriti di Gunung Kidul, dan lainnya.

Wisata Kuliner

Jenis wisata yang satu ini pasti banyak peminatnya. Tidak mengherankan mengingat ragam masakan kaya bumbu di seluruh Nusantara ini. Coba saja melangkah ke Bandung, Anda bisa temui segudang makanan yang menggoda selera.  Bahkan diantaranya sudah menjadi oleh-oleh wajib dari Kota Kembang ini.

Seperti  Batagor, Brownies Amanda, Surabi, Peuyeum Bandung, Cendol Elizabeth, Oncom, Colenak, Cireng, Karedok, Lotek, Bandrek, Bajigur, Ketan Bakar, Bandros, Bala-bala (bakwan), Gehu (toge tahu), De Risol Risoles,  (Oncom di Jero), Cireng (aci di goreng), Cimol (aci di gemol), Cilok (aci di colok), Pisang Bolen Prima Rasa, Gado-gado Teuku Angkasa, Rujak Jalan Macan Bakso Malang Enggal hingga Mie Kocok.

Bila ingin berwisata lebih ke timur, Anda sebaiknya  mampir di Surabaya. Selain dikenal sebagai kota pahlawan,  Surabaya juga dikenal sebagai kota kuliner karena banyak masakan dari kota ini  yang khas dan terkenal seantero Jawa. Dari Tahu Campur Cak Kahar, Tahu Petis Kedungkoro, Rawon Setan Mbak Endang, Kwetiau Medan Apeng, Rujak cingur, Lontong Balap, Lontong Kikil, Semanggi, Soto Madura dan masih banyak lainnya.

Bila berwisata kuliner, tentukan dulu kota mana yang ingin Anda tuju. Cari informasi tentang lokasi kulinernya yang terkenal, karena tidak jarang, kuliner yang enak, berlokasi di jalan kecil atau  letaknya tersembunyi. Selain itu, untuk wisata kuliner, ada baiknya Anda memiliki trik, sehingga Anda  dapat menyantap berbagai macam makanan tanpa merasa kekenyangan. Salah satu cara adalah tidak memesan menu satu porsi penuh, atau Anda juga bisa berbagi dengan teman Anda.

Demikian beberapa jenis wisata yang bisa Anda pilih dalam liburan kali ini. Sudah terbayang mau wisata jenis apa?