Yuk, Persiapkan Liburan ke Luar Negeri Foto:mymenorcavilla

Yuk, Persiapkan Liburan ke Luar Negeri

PinkKorset.com, Jakarta – Sebentar lagi akhir tahun tiba. Bagi yang ingin bepergian ke luar negeri bersama keluarga, sebaiknya sudah melakukan persiapan. Tentu agar liburan lebih asyik dan menyenangkan.

Berlibur ke luar negeri membutuhkan lebih banyak persiapan dibandingkan bepergian domestik ke kota lain. Apalagi bila membawa anak-anak. Buatlah daftar barang-barang yang perlu dibawa, tempat-tempat yang akan dikunjungi. Jangan lupa pertimbangkan bujetnya.

 

Tentukan negara tujuan

Sebaiknya Anda menentukan negara yang menjadi tujuan liburan nanti.  Eropa bisa menjadi salah satu pilihan menarik. Jarak antar negara yang berdekatan, memudahkan Anda yang ingin menjelajahi beberapa negara sekaligus.

Sementara musim dingin di Amerika bisa menjadi pilihan tersendiri bila ingin merayakan akhir tahun di sana. Anda bisa menikmati indahnya pohon cemara terbesar di Rockefeller Center di 5th Avenue New York, Amerika Serikat.

Negara-negara di Asia juga menyenangkan. Anda bisa mengambil tur Macau, Hong Kong, Shenzhen yang kini cukup murah. Atau bila Anda ingin liburan yang tidak terlalu jauh, Universal Studio di Singapura atau Lego Land di Malaysia bisa jadi pilihan.

 

Cari informasi negara tujuan

Pastikan Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai negara yang akan dikunjungi tersebut. Seperti bahasa sehari-hari yang digunakan, aturan-aturan umum di jalan, tempat makan, tempat wisata, tempat membeli oleh-oleh, transportasi umum, hotel hingga penggunaan sim card.

Saat ini banyak dijual buku panduan berlibur ke luar negeri. Anda juga bisa belajar dari pengalaman orang lain yang biasanya dituangkan dalam blog mereka.

 

Tiket Pesawat

Cari penerbangan internasional yang menawarkan jalur penerbangan ke negara tujuan. Jangan lupa cari tahu baggage allowance maskapai tersebut. Pastikan juga Anda tidak membawa barang-barang yang dilarang, seperti benda tajam, benda-benda yang mudah terbakar, atau cairan (biasanya tidak boleh lebih dari 3 Oz).

 

Reservasi

Ini adalah cara aman bepergian, terutama karena dapat mengurangi ketidakpastian. Setelah membeli tiket pesawat, coba Anda reservasi hotel yang sejangkauan dengan tempat wisata yang akan didatangi, sehingga tidak perlu mencari-cari penginapan lagi sesampainya di negara tujuan.

Reservasi juga melalui internet tiket masuk tempat wisata untuk menghindari antrian panjang atau pembatasan jumlah pengunjung.

Selain itu, cari tahu jenis makanan yang biasa dijual di restoran-restoran. Beberapa makanan mungkin tidak cocok dengan selera Anda. Pilihan aman mungkin dengan menjungi restoran cepat saji yang menawarkan menu-menu reguler.

 

Dokumen Perjalanan

Setelah mengetahui negara tujuan dan tanggal keberangkatan, Anda bisa mencari tahu mengenai dokumen perjalanan yang dibutuhkan. Dokumen utama yang harus disiapkan adalah paspor, yang berfungsi sebagai tanda indentitas internasional.

Anda juga membutuhkan visa. Cari informasi terlebih dulu apakah negara yang Anda tuju memberlakukan VoA atau Visa on Arrival. Jika mereka memberlakukan VoA, maka visa bisa didapatkan di bandara negara tujuan. Jika tidak, maka Anda perlu mendatangi konsulat atau kedutaan besar negara yang Anda tuju untuk membuat visa.

Syarat yang dibutuhkan Visa Turis biasanya asuransi perjalanan, bukti reservasi tiket pesawat dan hotel, dan sebagainya. Waktu pembuatan visa bermacam-macam, tergantung kebijakan masing-masing negara. Namun, biasanya Visa Turis bisa disetujui setelah 4 minggu.

 

Barang Bawaan

Informasi soal cuaca di negara tujuan, akan sangat menentukan barang-barang yang akan Anda bawa. Di musim dingin, tentulah penting mengemas pakaian yang sesuai, seperti sweater, jas tebal, boot, syal dan topi. Bawa juga beberapa obat-obatan yang biasa dikonsumsi sebagai antisipasi kalau sakit.

Masukkan dokumen-dokumen penting dalam tas jinjing. Demikian juga alat-alat elektronik, seperti laptop dan MP3. Bagi yang membawa anak-anak, siapkan mainan dan cemilan, agar anak bisa tenang selama perjalanan.

 

Anggaran

Yang paling penting adalah mempersiapkan bujet untuk liburan. Rinci setiap pengeluaran, dari tiket pesawat, hotel, tempat wisata, restoran hingga dana untuk pengeluaran tak terduga.

Sebaiknya pula Anda sudah menukarkan rupiah dengan mata uang negara tujuan. Kartu kredit juga memberikan kenyamanan karena tak perlu repot membawa banyak uang tunai selama perjalanan. Pastikan cek tagihan kartu kredit Anda setelah sampai di rumah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan kartu kredit.