2013, Lego Berhasil Salip Barbie Foto: lego

2013, Lego Berhasil Salip Barbie

PinkKorset.com, Billund – Perusahaan mainan building-block Lego mencatatkan kenaikan penjualan sepanjang 2013, mengalahkan  Mattel, yang terkenal dengan boneka Barbie-nya.

Lego, pabrikan mainan  yang berbasis di Billund, Denmark itu mengatakan penjualan sepanjang 2013 naik menjadi 25,38 miliar kroner atau sekitar US$4,6 miliar. Laba bersih Lego tercatat meningkat 9% menjadi 6,12 miliar kroner.

Chief Executive Officer Lego, Joergen Vig Knudstorp mengatakan, kurang dari sepuluh tahun, pihaknya berhasil meningkatkan pendapatan hingga empat kali lipat.

“Pada 2013, kami sukses mengembangkan dan meluncurkan produk yang menjadi impian anak-anak di seluruh dunia,”katanya dalam konferensi pers di Billund.

Ia pun menilai, tantangan terbesar saat ini adalah menjadi mainan yang paling diinginkan anak-anak, dan Lego bersaing dengan beberapa pemain kuat. “Dengan tingkat pertumbuhan itu, saat ini kami harus memikirkan melebarkan fasilitas kami.”

Sementara pesaing terberat Lego, yakni Mattel melaporkan kenaikan hanya satu persen menjadi US$6,48 miliar.Perusahaan yang berbasis di El Segundo, California ini memproduksi produk mainan terkenal seantero dunia, seperti Barbie, Hot Wheels, Cars dan Fisher Price.

Demikian juga Hasbro Inc, pemegang lisensi waralaba mainan, seperti Play-Doh, Transformers dan Sesame Street. Perusahaan yang berbasis di Pawtucket, Rhode Island ini mengatakan penjualan 2013 sedikit berubah menjadi US$4,08 miliar.