2013, Mark Zuckerberg Hanya Terima Gaji $1 Foto: facebook

2013, Mark Zuckerberg Hanya Terima Gaji $1

PinkKorset.com, California – Mark Zuckerberg, CEO Facebook Inc hanya mendapatkan gaji US$1 per tahun untuk periode 2013.

Langkah ini diambil mengikuti jejak miliarder teknologi lainnya, seperti pendiri Apple Inc, Steve Jobs, pendiri Google Inc, Larry Page dan Sergey Brin, serta Executive Chairman Google Eric Schmidt.

Kemudian mantan CEO Yahoo! Terry Semel dan co founder Yahoo! Jerry Yang, President and CEO Hewlett-Packard Meg Whitman dan co founder Zynga Mark Pincus.

Menurut badan pengawas modal (SEC) Amerika Serikat, angka yang diterima Mark tersebut jauh di bawah bayaran yang diterima pada 2012, saat Facebook go public, yakni sekitar US$503.205.

Sementara kompensasi yang diterima Mark pada 2013 secara keseluruhan mencapai US$653.165, turun dari US$1,99 juta pada 2012. Jumlah tersebut, selain gaji US$1, ditujukan bagi biaya penggunaan pesawat pribadi sebagai bagian dari program keamanannya.

Mark yang tercatat sebagai orang terkaya ke-22 di dunia dalam daftar Bloomberg Billionaires Index, dengan nilai kekayaan US$27 miliar, memilih menerima gaji US$1 setelah mengantongi 61,6% saham Facebook.

Lelaki berusia 29 tahun itu kini memang lebih aktif dalam kegiatan layanan publik dan amal, termasuk memulai kelompok yang dinamakan Internet.org untuk menghubungkan dunia dengan Web.