2015, Apple Produksi iPad Terbesar [forbes]

2015, Apple Produksi iPad Terbesar

PinkKorset.com, California – Apple Inc saat ini tengah bersiap merakit iPad terbesar, dengan ukuran layar mencapai 12,9 inci.

Komputer tablet yang disebut-sebut memiliki layar diagonal berukuran 12,9 inci ini dijadwalkan akan memulai proses produksinya pada kuartal pertama 2015.

Menurut narasumber yang tak bersedia diungkap identitasnya, seperti dilansir laman Bloomberg, Rabu (27/8/2014), Apple sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah pemasok, setidaknya dalam setahun terakhir, guna mengembangkan perangkat layar sentuh yang lebih besar.

Terkait hal ini, Trudy Muller, juru bicara Apple, menolak untuk memberikan komentar.

Menurut lembaga riset Gartner Inc, tren pertumbuhan tablet sebenarnya berasal dari model murah dengan ukuran layar lebih kecil.

Tak heran bila sistem operasi Android milik Google Inc diuntungkan, bahkan menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan sepanjang tahun lalu, dengan penguasaan pasar hingga 62%.

Sementara, iPad yang menggunakan perangkat lunak mobile iOS andalan Apple hanya menguasai 36% pangsa pasar pada akhir 2013, melorot dari 53% setahun sebelumnya.

Namun, konsumen potensial yang disasar iPad berlayar lebih besar adalah kalangan korporasi, di mana perangkat tersebut mulai mengambil alih peran komputer laptop tradisional.

Sasaran ini sejalan dengan kemitraan yang dijalin Apple dengan International Business Machines Corporation (IBM) pada Juli lalu. Saat itu, CEO Apple Tim Cook mengatakan salah satu alasan kerja sama tersebut adalah untuk menjual produk ke kalangan korporasi, sehingga menjadi katalis bagi pertumbuhan iPad di masa mendatang.

Target ini cukup tepat. Menurut riset Jitesh Ubrani, analis dari lembaga riset IDC, kendati pertumbuhan penjualan tablet melambat, kalangan bisnis, sekolah dan pemerintahan masih menjadi konsumen terbesar perangkat tersebut.

Kelompok tersebut diperkirakan menyumbang sekitar 16% dari penjualan tablet pada kuartal kedua 2014, naik dari 13% pada periode yang sama setahun lalu.