2015, Toyota Bakal Luncurkan Kendaraan Hidrogen

PinkKorset.com – Toyota Motor Corporation berencana meluncurkan kendaraan tenaga hidrogen di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa mulai tahun depan.

Kendaraan tersebut memiliki sebutan mobil FC 2015, dengan FC sebagai kepanjangan dari fuel-cell.

Jika rencana ini berjalan mulus, Toyota sudah dua kali membuat kejutan lewat produk berteknologi baru di pasaran. Tahun 1997, Toyota mengagetkan pasar otomotif global dengan menghadirkan Prius, mobil hybrid bensin-listrik pertama yang dijual secara komersil. Kini,hybrid menyumbang 14 persen penjualan tahunan Toyota secara global atau sudah sembilan juta kendaraan.

Belakangan, Toyota mencoba kembali keberuntungan lewat kendaraan fuel-cell, suatu teknologi dengan menggunakan sel dalam jumlah besar yang berfungsi mencampur hidrogen dan oksigen secara elektro-kimia demi menghasilkan listrik penggerak. Emisi fuel-cell hanyalah uap air dan panas.

Kendaraan konsep fuel-cell diklaim lima kali lebih tahan lama dibandingkan baterai listrik dan hanya membutuhkan hitungan menit untuk isi ulang hidrogennya.

Toyota membutukan 20 tahun secara zig-zag untuk menghadirkan teknologi fuel-cell, kemudian menekan biaya produksi agar harga jualnya realistis.

Toyota juga harus beradu cepat mengembangkan fuel-cell dengan Honda Motor yang sudah lebih dulu memperkenalkan FCX Clarity, kendaraan tenaga hidrogen yang akan mereka produksi.

Soal mengurangi biaya produksi, Toyota juga berhasil memecahkan masalah dengan berbagai kemajuan pada desain, misalnya tembaga yang makin lebar dan makin tipis pada koil-koil, sehingga motor menjadi makin bertenaga, mungil, dan murah.

Bila satu dasawarsa lalu, dibutuhkan biaya US$1 juta untuk membuat satu sistem propulsi fuel-cell, maka kini hanya US$50 ribu. Sebagai perbandingan, Chevrolet Volt, mobil teknologi plug-in hybrid listrik dari General Motors, harganya mulai dari US$35 ribu.

“Dengan 2015 FC, kami pikir kami sudah sampai pada derajat mendominasi saingan,” kata Managing Director Toyota, , Satoshi Ogiso. “Mobil ini adalah langkah besar pertama kami dalam membuat kendaraan fuel-cell untuk penggunaan sehari-hari.”