3 Negara Bekas Soviet Sepakati Perdagangan Bebas dengan UE

PinkKorset.com – Georgia, Moldova dan Ukraina menandatangani perjanjian perdagangan bebas dengan Uni Eropa akhir pekan lalu.

Perjanjian Asosiasi memberi peluang bagi Ukraina, Georgia dan Moldova untuk bergabung dengan pasar raksasa Uni Eropa karena berbagai hambatan pajak akan dihapuskan. Ketiga negara itu juga akan mendapat kemudahan bebas visa.

Syaratnya, ketiga negara harus memenuhi standar Uni Eropa dalam hal perlindungan hak asasi manusia, pemerintahan yang baik (good governance) dan lembaga peradilan yang independen.

Ketiga negara tersebut akan menikmati perdagangan bebas yang menguntungkan dengan ke-28 anggota Uni Eropa, asalkan barang dan jasa mereka memenuhi standar Uni Eropa.

Perjanjian itu juga mempererat kerja sama politik dengan Uni Eropa dan mencegah negara-negara bekas Soviet itu melakukan perjanjian serupa dengan Moskow.

Rusia memperingatkan konsekuensi serius atas apa yang disebut “agresi ekonomi.” Tetapi Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry menyebut perjanjian itu langkah besar menuju Eropa yang menyeluruh, bebas, dan damai.