6 Januari 2014, ‘Blue Monday’ Sedunia Foto: Google

6 Januari 2014, ‘Blue Monday’ Sedunia

PinkKorset.com – Masuk kerja setelah libur panjang Natal dan Tahun Baru membuat depresi? Anda bukan satu-satunya.

Senin pertama di awal tahun ini yang jatuh pada 6 Januari lalu memang menjadi Blue Monday bagi kebanyakan orang, alias hari paling menyebalkan.

Istilah ini pertama kali dilontarkan oleh akademisi bernama Cliff Arnall pada 2005 lalu, yang menyangka Blue Monday akan terjadi di Senin terakhir Januari.

Kalkulasi itu berdasarkan cuaca, utang, resolusi Tahun Baru yang gagal, serta jumlah hari yang berlalu setelah akhir liburan Natal.

Tapi tiga tahun terakhir, periset menganalisa jutaan postingan di Twitter pada awal Januari dan mencari kata-kata atau frase negatif penanda turunnya mood.

Hasilnya, terjadi peningkatan lima kali lipat jumlah tweet terkait rasa bersalah karena mereka melupakan janji untuk hidup lebih sehat.

Divorce Monday juga meneliti, awal Januari ini menjadi hari-hari populer untuk memulai proses perceraian. Dan Januari memang bulannya orang bercerai.

Jajak pendapat oleh Evian menyatakan, seperti pelaku komuter menyatakan perjalanan mereka membosankan. Demikian pula kembali bekerja.