6 Kampus Sediakan Kuliah Online [BINUS Business School]

6 Kampus Sediakan Kuliah Online

PinkKorset.com, Jakarta – Memaksimalkan teknologi, pemerintah mendukung enam perguruan tinggi untuk menggelar kuliah online.

Alhasil, masyarakat Indonesia kini dapat mencicipi bangku kuliah tanpa perlu hadir di kelas.

Ya. Wakil Presiden Boediono baru saja meluncurkan kuliah dalam jaringan atau “online” di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemdikbud) Jakarta, Rabu (15/4/2014).

Ada enam perguruan tinggi dengan 30 mata kuliah yang telah memperoleh izin resmi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk menyelenggarakan kuliah online.

Yakni Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Gadjah Mada, STMIK AMIKOM Yogyakarta, dan Universitas Bina Nusantara.

Menurut Boediono, kuliah online tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bangsa Indonesia menjadi insan cerdas dan komprehensif, melalui belajar tanpa batas ruang dan waktu.

Selain kuliah online, Wapres juga meluncurkan sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang juga berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Ia menegaskan bahwa TIK menjadi tulang punggung dalam pengelolaan Dapodik dan pelaksanaan kuliah daring, “Saya melihat adanya Dapodik, peserta didik maupun pendidik dan tenaga kependidikan, termasuk fasilitas pendidikan kini dapat ditelusuri dengan mudah,” katanya.

Mendikbud, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa kuliah daring merupakan langkah terobosan untuk penyediaan pendidikan bermutu dan terjangkau bagi segenap bangsa Indonesia dalam waktu singkat dengan biaya terjangkau.

Adapun standar isi dan proses kuliah daring mengacu kepada standar nasional pendidikan, dan standar internasional untuk e-learning.

Dapodik merupakan suatu konsep pengelolaan data pendidikan yang bersifat relational dan longitudinal. Sehingga program-program pembangunan pendidikan dapat terarah. Dapodik juga dapat mempermudah penyusunan perencanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan pendidikan.