Ada Lingkaran Alien di Bawah Laut? Foto: news.com.au

Ada Lingkaran Alien di Bawah Laut?

PinkKorset.com, Mon – Benarkah bulatan-bulatan di bawah laut ini ulah alien?

Tidak, kata peneliti Denmark. Bulatan-bulatan di pesisir Pulau Mon, Denmark itu seringkali dikatakan sebagai ciptaan alien. Teori teranyar, bekas bom Perang Dunia II.

Formasi tersebut pertama kali terpotret oleh turis pada 2008 dan kembali heboh pada 2011 lalu. Teori mereka, ini bak crop circle bawah laut. Namun lain pendapat dua ahli biologi asal Denmark ini.

“Ini bukan bekas bom, jejak mendaratnya pesawat alien ataupun ulah para peri,” kata Marianne Holmer dari University of Southern Denmark dan Jens Borum dari University of Copenhagen.

Keduanya menyimpulkan, cincin-cincin tersebut disebabkan pola radiasi yang dibentuk rumput panjang di laut, eelgrass, ketika mereka mati akibat terpapar toksin. Di lumpur sekeliling eelgrass itu, ilmuwan menemukan kadar asam tinggi.

“Biasanya lumpur terbawa arus, tapi sisa eelgrass memerangkap sebagian. Sehingga ada konsentrasi asam tinggi di tanaman tersebut,” lanjut mereka.

Meski menyerupai rumput laut (seaweed), eelgrass sebenarnya tanaman bunga. Mereka tumbuh ke segala arah dan koloninya membentuk lingkaran. Saat dewasa, mereka kebal terhadap asam tersebut.